COP20 Lima : Langkah Menuju Kesepakatan 2015

0
204

COP20 Lima1Koferensi Para Pihak (Conference of Parties) ke-20 tahun ini berlangsung di Lima, Peru. Bertempat di San Borja, konferensi ini digelar mulai tanggal 1 Desember 2014 lalu hingga (rencananya) 12 Desember 2014. Namun, sehari sebelum konferensi ini berakhir masih ada beberapa agenda yang belum diselesaikan, dan diputuskan untuk dibawa ke Presiden COP.

Beberapa hal mendesak memang harus diselesaikan di COP 20. Misalnya adalah draf teks negosiasi untuk kesepakatan 2015 sudah harus mulai dihasilkan. Latar belakang dari tujuan ini adalah menurut ketentuan dari UNFCCC, apabila suatu kesepakatan akan dihasilkan, maka, selambat-lambatnya 6 (enam) bulan sebelum kesepakatan tersebut dihasilkan, teks kesepakatan sudah harus diterjemahkan ke dalam 6 bahasa UN.

Kesepakatan 2015 yang akan diimplementasikan pada tahun 2020, diharapkan untuk diluncurkan pada COP 21 di Paris. Dengan menghitung mundur, idealnya pada bulan Mei 2015, teks kesepakatan tersebut sudah harus final dan diterjemahkan ke dalam 6 bahasa UN.

Itu sebabnya, Lima merupakan salah satu COP yang paling penting dalam konstruksi Kesepakatan 2015.

Versi terbaru dari draf keputusan COP yang diajukan oleh co-chairs ADP, cukup banyak dikritisi oleh kebanyakan negara-negara berkembang karena kurangnya penegakan prinsip dari Konvensi, serta masalah pembedaan ‘differentiation‘. Hal yang paling banyak dipermasalahkan dalam dokumen ini adalah paragraf 6 dari draf keputusan COP, yang berbunyi:

Agrees that developed country Parties and other Parties in a position to do so will, in the context of the protocol, another legal instrument or agreed outcome with legal force under the Convention applicable to all Parties, mobilize and provide support for ambitious mitigation and adaptation action, especially for Parties particularly vulnerable to the adverse effects of climate change“.

COP20 Lima2Draf teks negosiasi terbaru dikeluarkan pada pukul 10.30 PM waktu Lima, Peru tanggal 11 Desember 2014, yang baru dibahas pada pagi hari tanggal 12 Desember 2014, memberikan waktu pada Negara-negara Pihak untuk melakukan koordinasi dengan grup regional masing-masing.

Konferensi Para Pihak dijadwalkan untuk ditutup pada hari Jum’at tanggal 12 Desember 2014 waktu Lima. Draf teks keputusan masih menyisakan 4 paragraf dengan 3 opsi, yang harus dikerucutkan sebelum keputusan diambil.

Saat ini, pukul 3 PM waktu Lima, selain ADP, isu pendanaan juga masih harus diputuskan di tingkat menteri. Dua isu yang tidak dapat diselesaikan di tingkat negosiator adalah isu mengenai Green Climate Fund dan Long term Finance.

Catatan:

Draf teks keputusan COP yang dimaksud di sini dapat diunduh di :
http://unfccc.int/files/meetings/lima_dec_2014/in-session/application/pdf/adp2-7_i3_11dec14t2230_dt.pdf

BAGIKAN