STREAM

0
311

PARIWISATA BERKELANJUTAN MELALUI EFISIENSI ENERGI DENGAN TINDAKAN-TINDAKAN ADAPTASI DAN MITIGASI DI PANGANDARAN (STREAM)

Sektor pariwisata memiliki kontribusi untuk memperparah dampak dari perubahan iklim yang mungkin terjadi, namun pada saat yang bersamaan, pariwisata juga memiliki kontribusi untuk memperlambat dan mengurangi dampak tersebut. STREAM merupakan proyek kolaborasi antara UN World Tourism Organization (UNWTO), INDECON, IESR, dan Adelphi yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, telah berjalan semenjak tahun 2011. STREAM merupakan model inovatif dari tindakan-tindakan mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, dengan mengadopsi pendekatan efisiensi energi dan pada saat yang bersamaan menguatkan struktur lokal untuk keberlanjutan Pangandaran, yang merupakan salah satu tujuan pariwisata di Indonesia sebagaimana telah ditetapkan oleh kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif. Pendanaan proyek STREAM berasal dari Kementerian Federal untuk Lingkungan, Konservasi Alam, dan Keselamatan Nuklir Jerman.

Dalam proyek ini, IESR memegang tanggung jawab untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan mitigasi. IESR telah melakukan audit energi di hotel-hotel dan restoran (November 2012) di Pangandaran dan Batu Karas, untuk mengukur potensi penghematan energi serta tindakan-tindakan yang mungkin untuk dilakukan, serta mengidentifikasi tindakan-tindakan konservasi energi. IESR bekerja sama dengan pihak pengelola hotel, meningkatkan kapasitas mereka di sisi sistem pengelolaan energi dan perubahan iklim, meningkatkan kesadaran mereka, juga meningkatkan kapasitas dari pemerintah setempat, Perhimpunan Hotel dan Restoran di Indonesia, juga kelompok-kelompok lokal, mengenai efisiensi energi, dan mitigasi perubahan iklim. Proyek ini juga melibatkan pemerintah lokal dan kabupaten untuk mengembangkan perencanaan pembangunan rendah karbon.

IESR juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi potensi energi terbarukan di wilayah Pangandaran serta implementasi dari teknologi-teknologi keberlanjutan energi. IESR melakukannya dengan cara survey lapangan untuk melihat potensi energi terbarukan dan pilihan-pilihan untuk penerapanan teknologi energi terbarukan di tingkat komunitas.

Untuk informasi yang lebih mendalam, silahkan mengunjungi website STREAM Indonesia diwww.streamindonesia.org.

BAGIKAN