Kajian Pendanaan Perubahan Iklim untuk Kota-kota di Indonesia

0
672

Kupang adalah kota pesisir berskala menengah di Indonesia yang rentan terhadap perubahan iklim. Meningkatnya permukaan air laut, angin kencang, serta musim hujan yang semakin pendek menjadi penanda terjadinya perubahan iklim tersebut. Dan bagaimanakah dampak perubahan iklim dan pembangunan di Kota Kupang? Apa saja yang menjadi tantangannya? Dan bagaimanakah pemerintah kota dan para pemangku kepentingan bekerja sama untuk memenuhi pendanaan aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim di kota ini?

Simak hasil hasil kajian IESR bersama Perkumpulan Pikul yang membahas tentang kerangka kerja pendanaan perubahan iklim di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dan rekomendasi bagi kota-kota lainnya di Indonesia untuk dapat mengakses sumber pendanaan perubahan iklim yang tersedia di tingkat Internasional, nasional dan lokal

Kajian mengenai pendanaan aksi-aksi perubahan iklim di kota Kupang merupakan bagian dari rangkaian studi Exploring innovative ways of Financing for Climate Compatible in Asian Cities yang didukung oleh CDKN dan Germanwatch yang dilakukan di tiga kota di India, Filipina dan Indonesia.

BAGIKAN