Industri Ekstraktif

ekstraktifIndonesia dan negara-negara anggota ASEAN terletak di kawasan yang kaya dengan sumber daya alam, khususnya minyak, gas dan mineral. Jika dikelola dengan baik, sumber daya alam ini diyakini dapat menjadi mesin penggerak bagi proses pembangunan yang berkelanjutan dan membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Namun tata kelola yang baik sumber daya alam di kawasan ini masih menjadi tantangan di kawasan ini, dan membuka peluang terjadinya praktek korupsi dan pemburuan rente yang menyebakan munculnya berbagai persoalan seperti kerusakan lingkungan, konflik sosial dan pelanggaran hak asasi manusia serta kemiskinan yang berkepanjangan.

Program industri ekstraktif bertujuan untuk mendorong formasi industri ekstraktif di Indonesia dan kawasan melalui penerapan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, menguatkan kapasitas dan membangun kerangka kerja (framework) tata kelola industri eskraktif yang memperhatikan aspek hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, pengelolaan pendapatan serta kebijakan fiskal yang berkelanjutan. IESR juga bekerja untuk menciptakan ruang dialog dan kemitraan bagi pemerintah, dunia usaha dan kelompok masyarakat sipil

Proyek Terkait

Publikasi Terkait

Berita Terkait