Jenis Konsumen Harus Ditetapkan

Mar, 6 2012

Penulis :

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah diminta menetapkan lebih dulu jenis konsumen dan jumlah yang disubsidi sebelum memutuskan menaikkan tarif dasar listrik secara bertahap. Hal ini bertujuan agar subsidi listrik tepat sasaran. Demikian disampaikan pengamat kelistrikan, Fabby Tumiwa, Senin (5/3/2012), di Jakarta.

”Pemerintah harus menetapkan dulu jenis konsumen dan jumlah yang disubsidi, lalu diputuskan berapa besar kenaikan tarif listrik,” kata Fabby. Kenaikan TDL dinilai tidak menyelesaikan persoalan bahwa subsidi tidak tepat sasaran.

Terkait hal itu, pemerintah diminta menyampaikan target kenaikan TDL untuk mencapai keekonomian dalam kurun waktu tahun 2012-2014 dan baru dibagi setiap tahun.

”Paling tidak tahun ini ada kenaikan minimum 20 persen, lalu ada kenaikan kembali awal tahun depan 10-15 persen dan bertahap dilakukan tiap 4 bulan,” kata Fabby.

Idealnya, tarif listrik mencapai 80 persen keekonomian pada tahun 2014 dan subsidi diberikan untuk rumah tangga miskin.

”Jangan naik 3 persen bertahap tahun ini. Naikkan dulu minimal 20 persen tahun ini, baru yang bertahap lebih besar,” ujarnya.

Pada saat bersamaan, pemerintah harus mendorong penurunan biaya pokok penyediaan listrik PLN secara bertahap sehingga dicapai keekonomian yang optimal dan efisien.

Sumber : Kompas.com.

Artikel Terkait
Sep, 17 2013

Institute for Essential Services Reform (IESR) atas nama Sustainable Tourism through Energy Efficiency with Adaptation and Mitigation (STREAM) membuka kesempatan bagi para pemasok teknologi perangkat

Nov, 16 2018

Jakarta, CNBC Indonesia– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menekankan sila ke-5 dalam Pancasila, yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dalam mengembangkan energi

May, 25 2012

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa meragukan rencana Pemerintah untuk melakukan penghematan energi. Ia berpendapat rencana yang dikabarkan akan

Aug, 30 2012

LOWONGAN Institute for Essential Services Reform (IESR) adalah sebuah organisasi non-pemerintah nirlaba, berbasis di Jakarta, yang melakukan kajian, advokasi kebijakan dan kampanye dalam hal energi,

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close
Support Online
 
Chat
 
Support Online
+