Peluncuran Kampanye Mewujudkan Masyarakat Rendah Karbon

Mar, 2 2011

Penulis :

Cerita Kegiatan

Peluncuran Kampanye Mewujudkan Masyarakat Rendah Karbon

Pagi itu sekitar pukul 7.30 banyak sekali orang yang berkerumun di dalam dan depan tenda “Hitung dan Kurangi Jejak Karbon Anda” yang hanya berukuran 3×3 meter. Kami mendapat kesempatan bergabung dengan stand KPBB (Komite Penghapusan Bensin Bertimbal) di kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada Minggu 27 Februari 2011.

Sebagai upaya untuk menurunkan emisi gas rumah kaca dari aktivitas manusia, dalam rangka mencegah meningkatnya pemanasan global yang mengakibatkan memburuknya perubahan iklim, Institute for Essential Services Reform (IESR) pada hari ini memperkenalkan secara perdana Kampanye Menuju Masyarakat Rendah Karbon.

Kampanye ini menitikberatkan kepada penurunan emisi gas rumah kaca dari berbagai aktivitas individu sehari-hari. Gas rumah kaca adalah salah satu emisi Gas Rumah Kaca yang menjadi penyebab meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi yang dapat mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

Untuk membantu setiap individu mengukur emisi gas rumah kaca IESR mengembangkan suatu perangkat bernama Kalkulator Jejak Karbon (KJK), yang telah dikembangkan hingga versi kedua, yang juga diluncurkan pada hari ini.

Tim dari Metro TV tidak ketinggalan meliput demo KJK yang disampaikan oleh staf Program Climate Justice IESR, Siti Badriyah dengan sangat antusias. Pagi itu, Penyiar Pro2fm, Vely Syukran juga meliput on-air mengenai kegiatan peluncuran kampanye ini.

Staf, Presenter KJK, dan Tim Ronin yang sudah menyiapkan logistik acara sejak jam 3 pagi lebur dalam antusiasme warga Jakarta mengetahui jejak karbon yang mereka hitung dalam acara ini.

Thank you for your contributions, all.

Artikel Terkait
Aug, 16 2011

Jakarta (IESR). On 9-10 August 2011 Coordinating Ministry for Economic Affairs, Ministry of Energy and Mineral Resources and Ministry of Foreign Affairs were hosting the

Oct, 22 2010

Yogyakarta. Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada (UGM) menyelenggarakan Seminar Nasional Perubahan Iklim dengan tema “Perubahan lklim di lndonesia: Mitigasi dan Strategi Adaptasi dari Tinjauan Multidisiplin, di

Sep, 29 2015

Institute for Essential Services Reform (IESR) mendukung seruan kepada Menteri Keuangan G20 untuk memprioritaskan Efisiensi Energi sebagai investasi infrastruktur. Seruan ini dibuat menjelang pertemuan menteri

Mar, 8 2017

“Itu listrik di rumah beta sering sekali mati e…..,” Gunawan, seorang warga di Alak, Kupang, bercerita mengenai seringnya listrik di rumahnya padam. Meski tak lebih

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close
Support Online
 
Chat
 
Support Online
+