Profil Staf

Fabby Tumiwa
Executive Director

Fabby Tumiwa adalah Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR). Dia telah bekerja secara luas untuk isu energi dan perubahan iklim selama lebih dari lima belas tahun. Fabby memiliki keahlian dalam kebijakan energi, teknologi dan ekonomi energi terbarukan serta pengembangan organisasi. Dia telah melakukan sejumlah kajian dan analisa terkait dengan kebijakan di sektor energi dan ketenagalistrikan baik di Indonesia maupun tingkat dunia.

Fabby banyak menuliskan pemikirannya lewat artikel di berbagai media dan berbicara di forum-forum pertemuan di tingkat nasional dan internasional. Dia adalah anggota delegasi Indonesia pada konferensi internasional untuk perubahan iklim, memberikan masukan analisa terkait dengan topik pendanaan dan aksi mitigasi. Dia pernah menjadi anggota kelompok kerja pendanan iklm dan negosiasi internasional pada Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Saat ini menempati posisi sebagai anggota kelompok kerja energi dalam Dewan Pengarah Perubahan iklim, anggota dewan amanat Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF), serta anggota satuan kerja Sumba Pulau Ikonik dibawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Fabby adalah peserta program LEAD dan Eisenhower Fellow.

Fabby dapat dihubungi melalui email: fabby_at_iesr.or.id

Kharina Dhewayani
Administrative and Finance Manager

Kharina Dhewayani adalah Manager Administrasi dan Keuangan. Sebelum bergabung dengan IESR, dia bekerja sebagai auditor pada kantor Pajak di Provinsi Sumatera Utara, dan kemudian pindah ke Jerman untuk bekerja sebagai staf administrasi di AWO di Duisburg, North Rhein Westfallen. Setelah itu, dia kembali ke Indonesia dan bergabung dengan NGO Internasional yang bertanggung jawab untuk kegiatan audit dan monitoring anggaran bagi 35 LSM di seluruh Sumatera Utara.

Kharina mendapatkan gelar diploma dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) jurusan Hukum Perpajakan Indonesia, gelar sarjana untuk jurusan Akuntansi Ekonomi di Universitas Sumatera Utara dan gelar master dari Universitas Mercu Buana, Jakarta.

Kharina dapat dihubungi melalui email: kharina_at_iesr.or.id

Yesi Maryam
Outreach and Communication Officer

Yesi adalah Outreach and Communication Officer. Sebelum bergabung dengan IESR dia bekerja sebagai communication officer untuk sejumlah program pembangunan seperti Kecamatan Development Program (KDP), Australia Indonesia Basic Education Program (AIBEP) dan Community-based Solid Waste Management Program. Dia memiliki minat dalam pengembangan media di tingkat komunitas dan menjadi anggota komunitas jaringan sosial untuk peningkatan kualitas lingkungan di Jakarta.

Yesi dapat dihubungi melalui email: yesi_at_iesr.or.id


Erina Mursanti
Associate Senior Researcher

Erina adalah Associate Senior Researcher. Dia pertama kali bergabung di IESR pada tahun 2018 sebagai program officer untuk energi akses dan perubahan iklim. Dia banyak terlibat dalam sejumlah kegiatan penelitian dan membangun jaringan kerja bersama CSO dan praktisi di sektor energi dan perubahan iklim.

Eriana memperoleh gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia. Dia melanjutkan studinya untuk bidang pengelolaan sumber daya berkelanjutan dan mendapatkan gelar master dari Technische Universität München (TUM), Munich, Germany. Selama masa kuliahnya dia banyak terlibat dalam sejumlah penelitian di universitas dan bekerja di Ethiopia untuk mendalami pengetahuannya terkait dengan pengelolaan sumber daya alam.

Erina dapat dihubungi melalui email: erina_at_iesr.or.id

Marlistya Citraningrum
Program Manager – Sustainable Energy Partnership

Marlisya Citraningrum adalah Manajer Program untuk Kemitraan Energi Berkelanjutan. Citra, demikian ia biasa disapa, memiliki tanggung jawab mengelola kemitraan dengan beragam kementerian dan lembaga pemerintah, organisasi masyarakat sipil, asosiasi, komunitas, dan publik untuk mendorong transisi menuju sistem energi yang lebih inklusif dan berkelanjutan di Indonesia. Selain itu, Citra juga melakukan riset dan kegiatan advokasi lainnya dalam isu energi dan perempuan, desentralisasi energi, dan SDGs. Sejak awal 2017, Citra terlibat aktif di Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), di mana IESR merupakan salah satu organisasi pendirinya. Salah satu kerja kolaborasi Citra di IESR dengan Energy Innovation, WRI, dan WRI Indonesia: Energy Policy Simulator (EPS), berhasil menjadi finalis di Fast Company’s Second Annual World Changing Ideas Award; sebuah ajang penghargaan untuk kebijakan, proyek, dan konsep yang menawarkan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global.

Sebelum bergabung dengan IESR, Citra bekerja di sektor community development, menambah pengalamannya di bidang behavioral assessment, facilitationmonitoring and evaluation, dan stakeholder engagement.

Marlistya Citraningrum bergabung dengan IESR pada Juni 2016 dan memiliki gelar PhD dari Taiwan Tech dengan konsentrasi penelitian di bidang pengelolaan lingkungan. Citra menyukai garis temu antara penelitian dengan cerita yang menggerakkan.

Citra dapat dihubungi melalui email: citra_at_iesr.or.id

Jannata Giwangkara
Program Manager-Sustainable Energy Transition

Jannata Giwangkara adalah Manajer Program untuk Sustainable Energy Transition. Dia memiliki pengalaman kerja lebih dari tujuh tahun di bidang perubahan iklim, energi dan lingkungan.

Sebelum bergabung di IESR pada Desember 2017, Egi – nama sapaan akrabnya, pernah bekerja sebagai Low Emission Development Strategy (LEDS) Coordinator di Indonesia Clean Energy Development (ICED) Project USAID. Sejumah pekerjaan konsultan individual juga pernah digarap oleh Egi di UNDP Market Transformation through Design and Implementation of Appropriate Mitigation Actions in the Energy Sector (MTRE3) Project dan GIZ Policy Advice for Environmental and Climate Change (PAKLIM).

Karir profesionalnya dimulai sejak tahun tahun 2010 atau tahun ke-empat studinya di Institut Pertanian Bogor dengan bekerja sebagai karyawan magang di Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI). Kontribusi Egi di DNPI berlanjut hingga tahun 2014 dan akhirnya mencoba tantangan lebih dalam terkait sektor energi di USAID ICED. Di tahun 2016, Egi mendapatkan kesempatan untuk studi pascasarjananya di The University of Auckland, Selandia Baru dengan program Energy, Sustainability and Environment.

Selain aktif berkarir, Egi juga juga menjadi pengajar di Universitas Podomoro University.

Egi dapat dikontak melalui email: egi_at_iesr.or.id

Pamela Simamora
Renewable Energy Power System Specialist

Pamela adalah Spesialis Energi Terbarukan/Sistem Tenaga Listrik untuk Program Sustainable Energy Partnership di IESR. Pamela bertanggung jawab dalam penelitian mengenai teknologi pembangkitan, transmisi, dan penyimpanan energi, pemodelan sistem tenaga listrik dan jaringan listrik, serta studi integrasi grid yang akan membantu mempersiapkan PT PLN untuk mengintegrasikan lebih banyak energi terbarukan ke dalam jaringan nasional.

Pamela adalah seorang profesional berpengalaman di sektor energi. Dia memulai karirnya sebagai engineer di perusahaan kontraktor minyak dan gas multinasional selama lebih dari dua tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk meninggalkan industri migas setelah banyak membaca tentang perubahan iklim. Dia juga berpengalaman dalam melakukan studi mengenai rencana umum energi negara bagian di Amerika Serikat. Minatnya saat ini meliputi peningkatan penggunaan energi terbarukan di Indonesia dan peningkatan kesadaran masyarakat akan perubahan iklim.

Ia meraih gelar Sarjana Teknik di bidang Teknik Elektro dari Institut Teknologi Bandung dan Magister Teknik di bidang Teknik Energi, Lingkungan & Kimia dari Washington University, St. Louis, Amerika Serikat, dimana ia belajar mengenai teknologi energi terbarukan seperti solar PV dan turbin angin. Di waktu luangnya, dia suka membaca buku dan terlibat dalam kegiatan volunteering.

Pamela dapat dihubungi melalui email: pamela_at_iesr.or.id

Saidah
Assistant Administration Officer

Saidah bergabung dengan IESR pada September 2012 sebagai Assistant Administration Officer, dan bertanggung jawab untuk mengelola sistem administrasi keuangan dan logistik. Ibu dengan tiga orang anak ini menyelesaikan pendidikan di tingkat sekolah menengah atas di tahun 1995, dan memulai karirnya sebagai sales representative di sejumlah perusahaan produk makanan dan busana.

Saidah dapat dihubungi melalui email: saidah_at_iesr.or.id