Visi dan Misi

Download Company Profile (PDF)

Di IESR, kami percaya bahwa energi merupakan kebutuhan yang hakiki (essential) bagi umat manusia di era modern ini. Energi sangat dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas sosial dan ekonomi. Energi mendukung pemenuhan kebutuhan dasar seperti makanan matang (cooked food), suhu yang nyaman, pencahayaan, penggunaan perangkat rumah tangga, pengolahan air bersih dan limbah, pelayanan kesehatan, pendidikan, transportasi dan komunikasi.

Jasa energi berasal dari ekstraksi dan konversi sumber daya energi yang terdapat di alam (minyak, gas, batubara, energi terbarukan). Akses dan ketersediaan energi yang cukup adalah prasyarat yang hakiki bagi terpenuhinya kebutuhan penting lainnya serta menjamin pembangunan manusia. Ketiadaan atau kekurangan akses atas energi dapat menghambat kemampuan manusia untuk menerima manfaat dari kesempatan-kesempatan yang tercipta dari pembangunan ekonomi, serta meningkatkan kualitas hidupnya.

Akses energi yang berkeadilan dan berkelanjuan diperoleh dari ekstraksi, pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya alam yang menghargai daya dukung lingkungan (environmental carrying capacity), mempertimbangkan keadilan ekologis dan sosial, serta pemanfaatan sumber-sumber daya terbarukan secara optimal untuk mengurangi tekanan eksploitasi sumber daya energi yang tidak terbarukan. Selain itu, partisipasi aktif publik pada seluruh rantai nilai (value chain) ekstraksi sumber daya energi, dan di dalam penentuan kebijakan publik (public policy) penyediaan energi merupakan prasyarat penting untuk memastikan agar kepentingan dan manfaat publik tidak terabaikan.

Essential Vision
Menumbuhkan kedaulatan pengelolaan sumber daya energi yang adil dan berkelanjutan, dengan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap hak-hak asasi manusia atas sumber daya alam, dengan memperhatikan aspek keadilan sosial (sosial justice) dan keadilan jender (gender justice) untuk terciptanya pemenuhan kebutuhan energi yang berkelanjutan, terjangkau dan berkeadilan.

Essential Mission
IESR bermaksud mendekonstruksi ketimpangan pengelolaan sumber daya energi untuk terwujudnya pemanfaatan energi yang berkelanjutan, terjangkau dan berkeadilan, melalui kegiatan-kegiatan: advokasi kebijakan, penelitian, pengembangan informasi dan kapasitas organisasi non-pemerintah, serta pengembangan jaringan kerja.