TTL Naik 15%, PLN Harus Transparan Soal Struktur Biaya

Nov, 26 2012

Penulis :

Transparansi struktur biaya TTL PLN dipertanyakan.

JAKARTA, Jaringnews.com – Rencana Pemerintah menaikkan Tarif Tenaga Listrik (TTL) sebesar 15% pada tahun 2013 secara bertahap untuk golongan pelanggan diatas 900 VA harus dibarengi dengan transparansi struktur biaya TTL PLN.

“Subsidi diberikan kepada rakyat miskin dan daerah tertinggal,” kata Direktur Eksekutif Institute For Essential Services Reform (IERS) Fabby Tumiwa dalam Diskusi Publik  Rasionalisasi Tarif Listrik Menuju Subsidi Tepat Sasaran di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (26/11).

Menurut Fabby, TTL dan subsidi listrik mempromosikan ketidakadilan apabila dilihat dari penerima subsidi tahun 2011 sesuai audit BPK. Total rumah tangga yang sudah menerima listrik terpasang 42.596.085, Subsidi  yang diterima per bulan (Rp/Pelanggan) sebesar 97.841.

“Subsidi menurunkan financial viability PLN, investasi menjadi lebih mahal, mengurangi daya saing dan dampaknya biaya produksi  listrik menjadi lebih mahal,” ujar Fabby.

Fabby menambahkan, transparansi struktur biaya TTL PLN dipertanyakan. Bebas biaya sambungan 450 atau 900 VA, dikenakan “tarif dhuafa” (tarif khusus). Dalam jangka pendek sampai dengan 2014 dilakukan pembatasan subsidi.

“Pembatasan konsumsi listrik yang disubsidi untuk kelompok 450 VA – 60 Watt/bulan, tarif listrik untuk setiap golongan pelanggan mencerminkan “cost recovery” dan efisiensi pengusahaan tenaga listrik untuk menjamin tarif listrik,” tegas Fabby.

Sumber : Jaringnews.com

Artikel Terkait
Jun, 14 2010

JAKARTA – Tidak adanya monopoli dalam bisnis listrik di Indonesia aditengarai tetap akan meningkatkan tarif dasar listrik (TDL). Hal ini berbeda dengan bisnis telekomunikasi dimana

Jun, 29 2018

Jakarta- Tempo.Co. Asosiasi Pengusaha Listrik Swasta Indonesia menolak rencana pemerintah mengetatkan baku mutu emisi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Juru Bicara Asosiasi Rizal Calvary menganggap revisi

Jan, 30 2018

JAKARTA-The Jakarta Post. Pemerintah akan merancang harga listrik yang baru dengan memasukan harga batubara acuan (HBA) sebagai salah satu komponen perhitungan, ini adalah upaya yang

Nov, 16 2011

Low profile dan sangat kental logat Jawa-nya. Itulah figur yang terlihat dari Nur Pamudji, Direktur Energi Primer PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang naik pangkat

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close
Support Online
 
Chat
 
Support Online
+