Yuk, Akhir Pekan Ikut hitung Jejak Co2 kita dan Gabung Serukan Keadilan Iklim

Jul, 22 2010

Penulis :

Salam Peduli Bumi,

Bagi kawan-kawan yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya ini ada acara menarik yang bisa diikuti bersama keluarga, sahabat, pacar dan komunitas kalian. Di jamin bermanfaat dan hemat, deh. Daripada akhir pekan ke Mall, gabung kegiatan kami aja, yuk.

Berikut acaranya:

Acara I: FAMILY ENVIRONMENT EDUTAINMENT (GRATIS)

Hari/Tanggal: Sabtu, 24 Juli 2010,
lokasi: Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.
Tema Acara: Family Environmental Edutainment.
Waktu: 09.00 – 16.00 WIB
Tiket: Gratis dan terbuka untuk umum

Asik nih acaranya, selain bisa berkreasi dengan keluarga, kawan-kawan bisa mengikuti pelatihan yang dikemas secara ringan dan gratis pula: ada pelatihan membuat kompos skala rumah tangga, bertanam sayuran di lahan sempit, pelatihan pembuatan sumur resapan dll.

Nah jangan lupa nanti ke tenda 2, ada pelatihan menghitung (Kalkulator) jejak karbon Co2 yang kita keluarkan sendiri. Apa itu kalkulator jejak karbon, ikuti aja workshopnya. IESR (Institute for Essential Services Reform) hadir di sana dalam workshop Kalkulator Jejak Karbon yang berlangsung pukul 12.00 – 13.00. Sekali lagi, gratis. Oh ya, ada games dan kuis menarik dan cukup mendidik bagi anak-anak loohhh.. Jangan lupa bawa air minum dengan botol sendiri yaaa…..

Kalkulator jejak karbon IESR juga hadir di acara Taman Menten berikut ini:
ACARA II: HELP You, HELP EARTH, Indonesia Peduli Keadilan Iklim

Hari/Tanggal: Minggu, 25 Juli 2010
Lokasi: Taman Menteng, Jakarta Pusat (di arena Grand Food Festival Green Radio).
Tema Acara: HELP You, HELP Earth, Indonesia Peduli Keadilan Iklim
Waktu: 09.00 – 16.00 WIB

Di event ini selain kawan-kawan bisa menghitung jejak karbon Co2 masing-masing di booth IESR, kami juga mengajak kawan-kawan yang peduli terhadap nasib bumi, untuk ikut dalam aksi nyata “HELP You, HELP Earth, Indonesia Peduli Keadilan Iklim!”, bersama 20 Relawan Pembela Keadilan Iklim dari Civil Society Forum (Forum Masyarakat Sipil) dan IESR (Institute for Essential Services Reform).

Aksi ini akan menyerukan keadilan iklim kepada negara maju. Kenapa kita perlu menyuarakan Keadilan Iklim bagi Negara maju atau industri ini? Karena mereka adalah emiter Karbon (Co2) terbesar di dunia yang telah menghasilkan lebih dari 70% emisi karbon historis (sejak Revolusi Industri 1750). Contoh konkret adalah negara Amerika Serikat dengan penduduk hampir 5% dari populasi dunia, telah menyumbang 29% dari total emisi karbon dunia dengan jumlah 337.747.80 MrCo2e), disusul German menyumbang 6,99% , Inggris 5,93% , Jepang 3,8% dan Perancis 2,8%.

Hingga kini, Amerika sebagai pengemisi karbon terbesar dunia masih belum mau menunjukkan komitmennya untuk melakukan pengurangan emisi karbon. Apa pun usaha keras kita dalam mengurangi dampak pemanaan global tidak akan berpengaruh banyak jika negara-negara ini masih pada sikapnya. Dan Negara-negara berkembang seperti Indonesia lah yang terkena dampak atas ulah mereka ini, juga semakin rentan pengaruhnya terhadap sistem ekonomi, ketahanan pangan, sosial bahkan martabat bangsa. Sehingga menimbulkan ketidakadilan iklim.

Caranya gimana?

Cukup sederhana aja untuk ikut acara ini, kawan-kawan datang saja langsung ke lokasi acara di Taman Menteng (arena green food festival), dan mengisi kartu Seruan Keadilan Iklim kepada pemimpin dunia yang akan dipandu langsung oleh 20 relawan pembela keadilan iklim.

Seruan kawan-kawan ini akan kami sampaikan dalam COP 16, Cancun Meksiko, guna memperlihatkan bahwa rakyat Indonesia peduli Keadilan Iklim dan menyerukan kepada Negara Industri untuk segera menurunkan emisi karbonnya dan membayar hutang iklim mereka terhadap Indonesia.

Dalam aksi ini kawan-kawan band “rakyat” Nunung CS juga akan ikut serta menyuarakan seruan Keadilan Iklim, dan bukan hanya sekedar bermain musik.

Siangnya, lebih jauh kawan-kawan juga bisa mendengarkan “obrolan santai” bersama kawan-kawan Forum Masyarakat Sipil, IESR tentang: Apa sih itu keadilan Iklim? di panggung utama bersama Aliansi Desa Sejahtera. Dijamin enggak bosen, karena kami juga menyediakan kuis dengan hadiah merchandise menarik lainnya dari pagi hingga sore.

Jangan khawatir kelaperan dan kehausan juga, karena acara ini menyatu dalam acara Green Food Festival yang diadakan Sawit Watch dan Green Radio. Jadi asik juga untuk bawa saudara, adik, pacar, sahabat, keponakan, ibu, nenek, tetangga, dan komunitas kalian ke acara ini.

Bagi yang menikmati hari Car Free Day dan habis olahraga, langsung mampir saja Ke Taman Menteng.

Sebar informasi ini ke siapa saja. Undangan Terbuka untuk semua kalangan, dan gratis!!!

Salam Peduli Bumi

Artikel Terkait
Oct, 10 2016

Pernahkah Anda mengamati kualitas listrik di rumah Anda? Barangkali tidak. Setidaknya saya, yang tinggal di Jakarta, di salah satu area yang banyak disebut sebagai area

Apr, 23 2018

Saat ini, teknologi dan sistem energi terbarukan menjadi semakin terjangkau setiap harinya. Pesatnya pasar energi terbarukan secara global yang didorong oleh semakin pesatnya riset dan

Jul, 15 2010

Setelah melakukan seleksi atas sejumlah formulir yang masuk dan jawaban yang diberikan para pelamar, akhirnya Tim Penyeleksi telah menemukan 23 Calon Relawan Pembela Keadilan yang

Nov, 2 2018

Terdapat potensi pemanfaatan tenaga surya yang cukup tinggi di Jakarta dan daerah urban lainnya di Indonesia. Pada tanggal 10 Oktober lalu di Jakarta, IESR bersama

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close