Daniel Kurniawan

Peneliti, Spesialis Teknologi & Material Fotovoltaik

Daniel Kurniawan adalah Peneliti, Spesialis Teknologi dan Material Fotovoltaik. Bergabung sejak Oktober 2019, saat ini bertugas untuk mendukung Direktorat Jenderal Energi Baru dan Terbarukan serta Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen EBTKE, ESDM) dengan pembuatan Roadmap Pengembangan Energi Surya di Indonesia (2019- 2025).

Sebelum bergabung dengan IESR, Daniel magang di salah satu Solar EPC terkemuka di Jakarta. Dia telah bekerja pada penelitian sel surya generasi ketiga selama 2+ tahun di Seoul, Korea Selatan. Dia sekarang tertarik untuk memanfaatkan keterampilan penelitiannya, pengetahuan industri yang baru diperoleh di bidang EPC surya, dan keahliannya dalam teknologi PV surya untuk mengadvokasi penerapan energi surya di Indonesia.

Daniel memegang gelar MEng di bidang Teknik Energi (Nanomaterials Science and Engineering) dari Universitas Sains dan Teknologi (UST), Korea Selatan, dan BEng di bidang Teknik Metalurgi dan Material dari Universitas Indonesia (UI).