Senior researcher

Dr. Hadriyanti Diah Puspitarini

Peneliti Senior Energi Terbarukan

Yanti adalah seorang analis energi yang ahli di bidang pemodelan energi sejak 2014. Ia memanfaatkan keterampilan ini untuk mendorong pembangunan berkelanjutan di sektor energi. Ia mendapatkan gelar PhD di bidang optimasi energi terbarukan dari University of Padova, Italia. Ketertarikannya pada energi terbarukan dibangun selama magang di Laboratory of Transfers in Hydrology and Environment, Prancis untuk menyelesaikan gelar masternya di bidang Ilmu Lingkungan dari Université Joseph Fourier Grenoble I (sekarang Université Grenoble Alps), Prancis. Gelar sarjananya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia.

Sebelum bergabung dengan IESR, Yanti adalah peneliti di Universitas Padova, Italia dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia. Untuk meningkatkan keterampilan modeling dan komunikasinya, dia kuliah di University of Massachusetts Amherst, AS pada salah satu musim panas selama masa penelitiannya di Italia. Untuk memperluas keterampilan modelingnya, dia juga mempelajari pemodelan sosio-hidrologi dari institut musim panas yang diadakan oleh Universitas Tsinghua dan Yunnan, China.

Terlepas dari keterampilan teknisnya, dia suka menggambar komik, membuat sketsa, dan membaca buku thriller selama waktu luangnya. Menurutnya, menceritakan sesuatu menggunakan gambar kepada audiens non-teknis lebih efektif daripada hanya menggunakan kata-kata.