Abstract blur beautiful hotel lobby interior for background

Icmi A. Safitri

Staf Program, Akses Energi Berkelanjutan

Icmi berperan untuk membantu Program Akses Energi Berkelanjutan dalam memastikan komunikasi secara berkala dengan pemerintah di berbagai tingkatan, universitas, bisnis, dan komersial, mitra proyek lokal, organisasi masyarakat sipil, dan komunitas lokal. Di bawah pengawasan langsung program manajer untuk akses energi berkelanjutan, ia juga membantu mengembangkan strategi pengembangan dari program tersebut.


Sebelum bergabung dengan IESR, Icmi pernah terlibat dalam penelitian “Social and Technical Study on Renewable Energy” di Universitas Gadjah Mada (UGM), proyek UNDP. Dia mendapatkan banyak pengalaman untuk memberdayakan masyarakat pedesaan dengan mempromosikan energi terbarukan.

Bersama timnya, ia meluncurkan buku bertajuk Transisi Energi Berbasis Komunitas di Kepulauan dan Wilayah Terpencil. Icmi juga pemerhati masalah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, terutama tujuan 7, Akses Energi yang Terjangkau dan Bersih. Dia terlibat sebagai penulis buku, “70 UGM’s Best Practice for Sustainable Development Goals (SDGs)”.


Ia sangat antusias dengan sociopreneurship energi bersih, yang mendorongnya untuk aktif mengikuti kompetisi pitch. Icmi adalah pemenang dalam ide kompetisi pitch The New Energy Nexus. Dia juga menjadi finalis di Climate Launchpad, sebuah kompetisi ide bisnis ramah lingkungan. Idenya adalah memberdayakan sumber daya manusia lokal melalui energi terbarukan.


Dia memegang gelar pascasarjana M.Eng. dari Fakultas Teknik UGM dengan fokus penelitian pada kajian energi berkelanjutan.