Skip to content

Request for Proposal (RFP) Event Organizer Central Java Investment Business Forum 2024

IESR-Logo-CAP1

Author :

Authors

LATAR BELAKANG

Indonesia telah berkomitmen untuk mengambil langkah-langkah nyata dalam upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendorong transisi energi rendah karbon. Salah satu aspek penting dalam pencapaian target tersebut adalah pengembangan sumber-sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Institute for Essential Services Reform (IESR), sebagai lembaga think tank di Indonesia, telah berperan aktif dalam mendukung upaya ini melalui advokasi kebijakan yang dilakukan baik di tingkat nasional maupun daerah.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran global tentang pentingnya keberlanjutan dan upaya untuk mengurangi emisi karbon, tren investasi dunia juga semakin bergeser menuju sektor-sektor yang berkelanjutan. Pemerintah Indonesia menyadari bahwa perkembangan ini dapat menjadi peluang strategis untuk menarik investasi hijau, khususnya dibidang pengembangan energi terbarukan. Upaya untuk meningkatkan porsi EBT dalam bauran energi nasional juga menjadi prioritas dalam rangka mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil dan mencapai target penurunan emisi karbon.

Provinsi Jawa Tengah, sebagai salah satu provinsi besar di Indonesia, memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah dalam pengembangan EBT seperti energi surya mencapai 194 GW dan angin mencapai 3,5 MW. Inisiatif pemerintah dalam mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan menanggulangi perubahan iklim tertuang dalam Rencana Umum Energi Daerah (RUED). RUED berisi bauran energi provinsi Jawa Tengah setiap tahunnya sampai dengan tahun 2025 dengan target akhir energi baru terbarukan sampai dengan tahun 2025 sebesar 21,32%. Pada tahun 2022, capaian energi baru terbarukan baru mencapai 15,76% sehingga perlu adanya inisiatif lebih lanjut untuk mendorong capaian energi baru terbarukan di Jawa Tengah seperti halnya dalam investasi untuk sektor energi baru terbarukan.

Melihat peluang dan kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan IESR untuk menyelenggarakan Forum Investasi dan Business Meeting Potensi Investasi di Sektor Energi Terbarukan di Jawa Tengah. Forum ini bertujuan untuk mengidentifikasi peluang dan strategi investasi di sektor EBT, serta memfasilitasi pertemuan antara para pemilik proyek EBT dengan calon investor potensial. Kegiatan ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk praktisi energi terbarukan, perwakilan pemerintah provinsi, dan pemangku kepentingan lain yang terkait dengan sektor energi. Melalui forum ini, diharapkan dapat terjalin kerjasama dan investasi yang mendukung pengembangan EBT di Jawa Tengah, serta memberikan kontribusi positif dalam upaya transisi energi rendah karbon di Indonesia secara keseluruhan.

Proposal Timeline:

Proposal akan diterima hingga pukul 23.59 WIB pada hari Minggu, 9 Juni 2024, dan dialamatkan pada Manajer Program Akses Energi Berkelanjutan IESR melalui surel citra@iesr.or.id dan cc : icaq@iesr.or.id. Mohon mencantumkan “RFP Response – EO Business Meeting” pada subjek email. Evaluasi proposal dan keputusan hasil seleksi akan dilakukan di Selasa, 11 Juni 2024 dan diumumkan paling lambat  Jum’at, 14 Juni 2024 pukul 12.00 WIB.

 

RFP-EO-Business-Meeting-CJIBF-2024

Download

Share on :

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Article

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter