Penutupan COP20

COP20 ditutup pada hari Minggu dini hari, setelah Presiden COP20, Manuel Pulgar-Vidal, Menteri Lingkungan Hidup Peru, mengeluarkan draf keputusan COP untuk Ad hoc Working Group on Durban Platform. Menteri Manuel mengerluarkan draf tersebut pada hari Sabtu 13 Desember 2014 pukul 23.00 dan memberikan waktu untuk para Negara Pihak untuk memberikan komentar mereka. Dibuka kembali pada hari Minggu, 14 Desember 2014 pukul 1.30, Para Pihak tidak menyatakan adanya keberatan mengenai draf keputusan yang diajukan oleh Presiden COP.

Manuel memasukkan komponen loss and damage sebagai preamble dari draf keputusan tersebut, kemudian terdapat penguatan bahasa untuk penyediaan pendanaan dan dukungan yang relevan, serta informasi yang diperlukan untuk setiap negara pada saat pengajuan Intended Nationally Determined Contribution (INDC) masing-masing.

COP20 telah berakhir, namun perjalanan menuju Paris, merupakan perjalanan yang masing memerlukan upaya-upaya signifikan dari negara-negara maju untuk menurunkan emisi serta menyediakan pendanaan, dan negara-negara berkembang untuk beradaptasi dengan dampak perubahan iklim, dengan kemampuan yang mereka miliki saat ini.