Skip to content

Prospek Energi Fosil di Masa Pandemi COVID19 & Implikasinya Terhadap Transisi Energi di Indonesia

seri diskusi daring transisi energi eps1

Author :

 

Pandemi COVID-19, energi fosil, transisi energi, dan Indonesia

Itu lah beberapa kata kunci yang menjadi pokok bahasa sesi berbagi (daring) pertama IESR mengenai transisi energi. Pandemi ini telah memberikan dampak krisis global terbesar dalam lima generasi yang hidup hari ini, termasuk sektor energi. IEA, dalam laporan Global Energy Review 2020, setidaknya merangkum tiga dampak pandemi di sektor energi:

1) Mobilitas menurun sangat drastis ditingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya;

2) Konsumsi minyak juga turun secara dramatis;

3) Kebijakan lockdown juga mendorong turunnya permintaan listrik. IRENA, di sisi lain, memandang perkembangan ini membuat memomentum bisnis energi terbarukan menjadi semakin kuat sebagai respons dari melemahnya kelayakan dan kontrak jangka panjang energi fosil (migas dan batu bara).

Untuk itu akan seperti apakah prospek energi fosil, baik di masa pandemi ini maupaun setelahnya? Sejauh mana transisi energi terbarukan dapat menjadi stimulus dan langkah pemulihan pandemi kedepan? Bagaimana konteksnya dengan keadaan di Indonesia? Ketiga pertanyaan ini akan didiskusikan lebih jauh dalam sesi berbagi (daring) transisi energi episode pertama, yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Jum’at, 8 Mei 2020
Waktu : 16.00-17.30 WIB (waktu ngabuburit)

NARASUMBER:

  1. Widhyawan Prawiraatmadja
    Anggota Indonesia Clean Energy Forum (ICEF) / Gubernur Indonesia untuk OPEC Tahun 2015-2016 / Staf Khusus Menteri ESDM Tahun 2014-2016
    Covid19 Pandemic - Impact on the Oil and Gas Industry IESR

    Unduh

  1. Singgih Widagdo
    Ketua Indonesia Mining and Energy Forum (IMEF)
    080420 - IMEF - CORONA (1)
    Unduh
  1. Fabby Tumiwa
    Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR)
    IESR_Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Transisi Energi
    Unduh

Moderator:

Jannata Giwangkara
Manajer Program Transformasi Energi Institute for Essential Services Reform (IESR)

Acara ini akan dilasanakan secara daring via aplikasi Zoom (khusus untuk para jurnalis) dan juga akan disiarkan langsung via Youtube IESR Indonesia

 

Share on :

Related Article

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter 

IESR-Secondary-logo

By submitting this form, you agree to receive marketing-related electronic communications from IESR including news, events, updates and promotional emails. You may withdraw your consent and unsubscribe from these at any time, for example, by clicking the unsubscribe link included in our emails.

Newsletter