Demi Listrik, Ekspor Batubara Harus Dibatasi

Nov, 26 2012

Penulis :

Aktivitas bongkar muat batu bara yang akan digunakan sebagai bahan bakar pembakit listrik tenaga uap (PLTU) Pangkalan Bun Kalimantan Tengah.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –Pengamat energi Fabby Tumiwa menghimbau kepada pemerintah untuk membuat kebijakan pembatasan eksport batubara. Pasalnya menurut Fabby Tumiwa pasokan batubara diperuntukan pembangkit listrik daripada eksport batubara

“Jangan umbar cadangan energi kita. Pemerintah harus membatasi produksi batubara, penambang juga tidak boleh semaunya,”ujar Fabby Tumiwa, di acara diskusi publik “Rasionalisasi Tarif Listrik Menuju Subsidi Tepat Sasaran” di Hotel Le Meridien Jakarta, Senin (26/11/2012).

Fabby Tumiwa memperbandingkan kebijakan Pemerintah Cina yang sejak tahun 2006, melarang negaranya untuk mengekspor batubara. Tujuannya dari kebijakan tersebut memaksimalkan potensi energi primer batubara untuk pembangkit listrik.

“Mereka (Cina) saat ini mengoptimalkan impor termasuk dari Indonesia. Ini dilakukan agar cadangan energi batubara mereka besar,”jelas Fabby Tumiwa.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan strategi option yaitu perusahaan batubara yang berani membayar royalti paling besar, di situlah perusahaan tambang batubara itu boleh menambang.

“Sehingga negara akan dapat manfaat, masyarakat juga akan memperoleh manfaat. Jadi bukan hanya segelintir pengusaha saja yang dapat,” katanya. (*)

Sumber : Tribunnews.com

Artikel Terkait
Dec, 2 2015

Presiden Joko Widodo telah menyampaikan pandangan Indonesia tentang penanganan perubahan iklim dalam sesi Leaders Event pada Konferensi Perubahan Iklim atau Conference of the Parties (COP)

Nov, 21 2019

14 November 2019//19:08 WIB Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) mengaku telah mengajukan permohonan kerja sama ke Kementerian PUPR untuk mendapatkan ijin memanfaatkan waduk eksisting

Dec, 25 2014

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Bangka Belitung dan Jepara, Jawa Tengah. PLTN ini masing-masing

Sep, 7 2011

JAKARTA (IFT) – PT PLN (Persero), badan usaha milik negara di sektor kelistrikan, memperkirakan realisasi konsumsi bahan bakar minyak yang digunakan untuk pembangkit listrik yang

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close