PLN Sudah Jelaskan Soal Ketidaklolosan Marubeni

Jun, 13 2011

Penulis :

JAKARTA: PT Perusahaan Listrik Negara mengaku sudah menjelaskan kepada konsorsium Marubeni tentang alasan tidak lolosnya konsorsium itu dalam tender PLTU Jawa Tengah 2×1.000 MW.

Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengatakan pihaknya sudah menerima surat sanggahan yang dilayangkan konsorsium Marubeni pada minggu lalu itu. Namun menurut Dahlan, tidak ada argumen baru dalam surat sanggahan tersebut.

“Sanggahan itu akan direspons sesuai dengan prosedur, selayaknya, se-fair mungkin. Tapi rasanya sepengetahuan saya tidak ada yang baru dari yang dia (Marubeni) kemukakan dalam sanggahan itu. Selama ini kita sudah tahu dia punya pendapat seperti itu,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis hari ini.

Sanggahan konsorsium Marubeni itu selanjutnya akan diserahkan sepenuhnya kepada tim lelang untuk meresponnya. Dahlan menjamin PLN telah menjalankan proses tender PLTU Jateng 2×1.000 MW dengan benar sesuai prosedur lelang.

“Tender itu sudah dilakukan bukan hanya dengan prosedur yang benar tapi juga fair, tanpa intervensi siapapun,” tegasnya.

Menurutnya, menyanggah hasil tender merupakan hal yang biasa terjadi, bahkan dalam tender-tender kecil sekalipun. Jadi, sanggahan konsorsium Marubeni seperti ini bukan sesuatu yang besar dan baru.

”Menyanggah hasil tender kan biasa, kok ini sepertinya dianggap baru? Hampir semua tender ada yang menyanggah, biar proyek kecil pun ada (yang menyanggah),” jelas Dahlan.

Sementara itu pengamat kelistrikan Fabby Tumiwa mengatakan PLN memang perlu memperjelas aturan tender agar pelaksanaannya bisa lebih transparan. Menurutnya, adanya peluang ’arisan proyek’ biasa terjadi pada proyek-proyek listrik. (sut)

Sumber: bisnis.com.

Artikel Terkait
Sep, 3 2015

JAKARTA, KOMPAS – Program pemerintah membangun pembangkit tenaga listrik berkapasitas 35.000 megawatt sampai 2019 adalah sebuah pintu masuk bagi investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

Sep, 13 2015

Merdeka.com – Pemerintah dinilai banyak kalangan belum konsisten dalam mewujudkan target listrik 35.000 mega watt (MW). Hal ini dilatarbelakangi adanya perbedaan pendapat antar menteri hingga

Aug, 1 2018

Jakarta-Tempo.co – Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform atau IESR, Fabby Tumiwa mengatakan pemerintah perlu memastikan setelah izin pengelolaan wilayah kerja minyak dan gas (migas) di

Sep, 6 2012

JAKARTA, KOMPAS — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menetapkan kenaikan harga listrik berbasis beberapa jenis energi baru terbarukan. Hal ini dilakukan untuk mendorong peningkatan porsi

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close