Laporan Kemiskinan Energi

Jun, 7 2011

Disusun oleh: Fabby Tumiwa & Henriette Imelda.

Kemiskinan energi merupakan kondisi dimana manusia tidak dapat menikmati layanan energi modern baik untuk keperluan memasak ataupun penerangan. Walaupun Indonesia merupakan negara dengan konsumsi energi per kapita melebihi konsumsi minimum energi modern seharusnya, namun pada kenyataannya, kemiskinan energi masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia. IESR melakukan studi literatur dan analisis mengenai kemiskinan energi di Indonesia.

Adapun studi ini menunjukkan bahwa walaupun kebijakan energi di Indonesia telah dibuat untuk mengatasi kemiskinan energi, namun pada praktiknya, kebijakan tersebut tidak dapat mengatasi kemiskinan energi. Studi ini juga menunjukkan bahwa terjadinya kemiskinan energi tidak semata-mata dikarenakan ketidakmampuan ekonomi saja, namun juga karena adanya keterbatasan akses pada energi. Subsidi pun ternyata memainkan peranan yang cukup penting untuk terjadinya kemiskinan energi.

Studi ini juga memberikan rekomendasi mengenai bagaimana kemiskinan energi dapat diatasi. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan potensi energi setempat, pembenahan infrastruktur energi, sosialisasi penggunaan layanan energi, pencabutan subsidi energi, dan adanya pemberdayaan ekonomi lokal.

 

Laporan Kemiskinan Energi

June 11

Support Online
 
Chat
 
Support Online
+