Seri 10P: Perempuan Bicara Energi

Jun, 24 2017

Pada tahun 2017, IESR bersama individu-individu yang peduli terhadap kemajuan pemenuhan energi di Indonesia menginisiasi sebuah forum seri diskusi inklusif yang diberi nama Pojok Energi. Seri Diskusi Pojok Energi dilakukan secara berkala setiap bulan dan diharapkan menjadi forum diskusi yang interaktif bagi semua pemangku kepentingan di sektor energi, kaum awam, dan publik secara luas untuk saling tukar menukar gagasan dan pengetahuan terkait dengan isu energi.

Beragam isu yang diangkat dalam Pojok Energi dibahas secara lebih mendalam oleh IESR dan didokumentasikan dalam Seri 10 P (10 Pertanyaan) yang dikeluarkan setelah diskusi selesai.

Dalam perkembangannya, Seri 10P kemudian menjadi bagian publikasi reguler IESR untuk membahas dan menyebarluaskan informasi terkait isu-isu energi dalam bentuk topik yang lebih spesifik. Seri 10P mengikuti format FAQ (frequently asked questions/hal-hal yang sering ditanyakan), di mana sebuah topik dibahas dalam maksimal 10 pertanyaan dengan jawaban yang elaboratif, disertai rekomendasi IESR.

Seri 10P ini menggali konsepsi kesetaraan gender dalam penyediaan energi dan membahas dimensi ekonomi, sosial, dan kultural dari penyediaan energi, dan manfaat serta dampaknya bagi kehidupan kaum perempuan; serta merumuskan bentuk-bentuk intervensi kebijakan dan program dalam rangka mendukung upaya pengarusutamaan gender dalam penyediaan energi bersih di Indonesia.

Seri 10P: Perempuan Bicara Energi

June 17