TDL Dinaikkan, PLN Bakal Kesulitan

May, 13 2011

Penulis :

JAKARTA – Pengamat Kelistrikan Fabby Tumiwa mengungkapkan PT PLN (Persero) akan mengalami kesulitan lantaran menurunkan marginnya. Pasalnya PLN harus memenuhi sejumlah persyaratan (covenant) pinjaman.

Ini terkait rencana Menteri Keuangan untuk menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan menekan margin menurunkan kelayakan finansial PLN.

“Selain itu, menurunkan margin akan menurunkan kelayakan finansial PLN,” ungkap Fabby melalui pesan singkatnya kepada okezone di Jakarta, Jumat(13/5/2011).

Dia menjelaskan, meskipun TDL nantinya akan dinaikkan 10-15 persen, namun tidak akan mampu menutupi biaya produksi. “Kenaikan itu hanya cukup untuk offset kenaikan harga bahan bakar saja,” paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, pemerintah tetap harus memberikan subsidi pada PLN, jika tidak, maka PLN tidak akan mempunyai cukup finansial untuk melakukan investasi dan melakukan operasi dengan baik. “Dampaknya kepada pelayanan para konsumen,” tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan akan ada penyesuaian harga listrik, yang artinya akan ada kenaikan TDL sebesar 10-15 persen pada 2012.

“Subsidi, kita mengharapkan di 2012 bisa ada penyesuaian harga listrik antara 10 sampai 15 persen,” ujar Agus di Jakarta.

Selain itu, Agus menuturkan guna mendukung penurunan subsidi, pihaknya juga bermaksud menurunkan margin PLN. “Margin bisa diturunkan dari delapan persen menjadi tiga persen. Ini margin PLN maksudnya,” tambah Agus.
(ade)

sumber: okezone.com.

Artikel Terkait
Jun, 14 2010

JAKARTA (Suara Karya): PT PLN (Persero) mengusulkan subsidi penuh biaya listrik alias gratis bagi masyarakat miskin. Ini bisa diterapkan jika tarif listrik normal atau tidak

Aug, 19 2015

JAKARTA – Banyak pihak menyangsikan pembangunan pembangkit listrik 35.000 megawatt (MW) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dapat terealisasikan. Nada pesimistis bahkan

Jun, 12 2010

Jakarta–Penghapusan monopoli listrik dari PT PLN (Persero) tidak akan bisa menurunkan Tarif Dasar Listrik (TDL) seperti yang terjadi pada bisnis telekomunikasi. Bahkan jika pemerintah membuka

Aug, 18 2016

Jakarta, CNN Indonesia — Rencana PT PLN (Persero) mengempit separuh saham PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dinilai menimbulkan risiko bisnis baru bagi perusahaan setrum pelat

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close