Meteran Prabayar PLN Mesti Penuhi Komponen Lokal

JAKARTA – PT PLN (Persero) diminta memenuhi komposisi tingkat komponen dalam negeri (TKDN), terkait pengadaan meteran listrik prabayar. Selain soal TKDN, faktor lain yang mesti diperhatikan PLN adalah soal kualitas barang, jaminan mutu, dan harga yang rasional.

Pengamat kelistrikan Fabby Tumiwa mengatakan, faktor utama dalam pemenuhan pengadaan meteran listrik prabayar yang mesti diperhatikan PLN adalah standar dan jaminan kualitas.

“PLN mesti bisa memilih produsen meteran listrik prabayar yang bisa memberikan kualitas terbaik. Sebab, meteran listrik itu mesti memiliki usia pakai yang relatif panjang, yakni sekitar 20-30 tahun,” kata pria yang juga menjabat sebagai direktur eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR) ini kepada Investor Daily, di Jakarta, Kamis (5/1).

Dia juga mengatakan, produsen mesti bisa membuat meteran listrik prabayar dengan tingkat kesalahan (error) seminimal mungkin. Dengan kata lain, meteran itu mesti bisa memberikan tingkat akurasi yang tinggi, di mana pelanggan atau PLN tidak dirugikan akibat meteran tersebut.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di http://www.investor.co.id.