STREAM : Pelatihan Efisiensi Energi untuk Karyawan Hotel dan Restoran di Pangandaran

Pelatihan 29 April 2013 - 2Peningkatan kesadaran mengenai penghematan penggunaan energi tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat dan satu kali saja. Peningkatan kesadaran harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari tingkat yang paling tinggi, hingga ke tingkat yang paling rendah, karena melakukan efisiensi energi berhubungan dengan adanya perubahan perilaku, yang membutuhkan waktu. Menyadari akan hal itu, Institute for Essential Services Reform (IESR), sebagai implementing partner dari STREAM untuk komponen mitigasi, melakukan pelatihan mengenai efisiensi energi untuk karyawan hotel dan restoran, yang telah melakukan audit energi sebagai bagian dari project STREAM.

Pelatihan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang, berasal dari hotel dan restoran yang mengikuti program efisiensi energi yang difasilitasi oleh STREAM; bahkan ada juga hotel yang tidak mengikuti program audit, mengikuti pelatihan efisiensi energi ini. Pelatihan yang diadakan di Hotel Sandaan pada tanggal 29 April 2013 yang lalu meliputi dasar-dasar mengenai efisiensi energi, serta beberapa tips untuk mengelola energi serta melakukan upaya-upaya penghematan energi.

Pelatihan ini juga memberikan informasi kepada para peserta pelatihan tentang bagaimana memilih lampu yang hemat energi, bagaimana menempatkan AC, kinerja AC, juga bagaimana melakukan inventori peralatan yang dimiliki oleh hotel dan restoran, untuk membantu hotel dan restoran untuk bisa memeriksa penggunaan energi mereka. Pelatihan ini juga ditujukan untuk menanamkan pengertian kepada para peserta bahwa melakukan upaya penghematan energi, bukan berarti harus menurunkan tingkat kenyamanan tamu atau pelanggan. Namun justru, upaya penghematan energi dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan tamu. Dengan demikian, hotel dan restoran bukan hanya mendapatkan penilaian yang baik dari para tamu karena tingkat kenyamanan yang diberikan, namun juga ada penghematan biaya dari pengurangan energi yang terjadi.

Salah satu bagian dari pelatihan ini juga memberikan ruang bagi para peserta untuk berdiskusi mengenai hal-hal apa saja yang dapat diterapkan setelah mereka selesai mengikuti pelatihan efisiensi energi ini.

Pelatihan 29 April 2013 Pelatihan 29 April 2013 - 4Pelatihan 29 April 2013 - 3Pelatihan 29 April 2013 - 1