Kontan | Menimbang Untung Rugi Investasi Kabel Bawah Laut Australia-Singapura Bagi Indonesia

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengungkapkan, berdasarkan jenis teknologinya yakni kabel listrik arus searah (HVDC) maka fasilitas kabel ini besar kemungkinan tidak bisa dipakai bersama oleh Indonesia. “Manfaat yang bisa kita dapatkan adalah jika pabrik kabel dan komponennya dibangun di Indonesia,” ungkap Fabby kepada Kontan.co.id, Senin (7/2). Fabby menjelaskan, jika fasilitas pabrik HVDC dibangun di Indonesia maka ke depannya akan ada keuntungan bagi pemerintah. Salah satunya untuk kebutuhan interkoneksi kelistrikan antar pulau.

Baca selengkapnya di Kontan

Warta Ekonomi | Optimisnya 3 Unsur Capai NZE 2060

Ketegasan Jokowi direspons positif oleh Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa yang mengatakan masih tetap optimis dalam mencapai NZE 2060. Namun, dia menegaskan, optimis tersebut harus dilihat bahwa kunci untuk mencapai ke sana paling tidak ada dua yang harus dilakukan dalam satu dekade mendatang.

Baca selengkapnya di Warta Ekonomi

Alinea | Masyarakat Berperan Penting dalam Transisi Energi melalui PLTS

Pemerintah terus mendorong transisi energi dari berbasis fosil ke Energi Baru Terbarukan (EBT). Salah satu sumber energi terbarukan yang didorong pemerintah adalah surya. Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, melalui pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap masyarakat juga bisa ambil peran dalam mempercepat transisi energi.

Baca berita selengkapnya di alinea.id