Melihat Etalase Rencana Pemerintah untuk Industri Energi Terbarukan

Jakarta, 21 Agustus 2024 – Pemerintah memiliki andil besar dalam merancang industri energi terbarukan di Indonesia. Kerangka kebijakan yang suportif akan mendukung tumbuhnya industri energi terbarukan sekaligus mendorong terciptanya permintaan (demand creation).

Apit Pria Nugraha, Kepala Pusat Industri Hijau, Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa sebagai upaya untuk menciptakan demand, Pusat Industri Hijau membuat salah satunya standar industri hijau yang memuat penggunaan energi sebagai salah satu indikator.

“Dalam waktu dekat, kami juga akan menetapkan batas atas emisi untuk sektor industri. Dengan adanya penetapan batas atas emisi, semua industri wajib melaporkan profil ramah lingkungannya, terutama emisinya. Untuk memenuhi target rendah karbon maka perlu transformasi ke energi terbarukan, misalnya dengan pemanfaatan PLTS,” katanya dalam diskusi Indonesia Solar Summit 2024.

Hasyim Daeng Barang, Direktur Hilirisasi Mineral dan Batubara, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, mengungkapkan perihal kebutuhan untuk bertransisi yang semakin mendesak dilakukan. 

“Selama tahun 2022 sampai 2023, Kementerian Investasi telah membuat roadmap panduan hilirisasi untuk investasi sampai dengan 2045. Pemetaan investasi panel surya tidak jauh dari industri silika sehingga integrasinya lebih mudah untuk dihubungkan,” kata Hasyim.

Alhaqurahman Isa, Koordinator Pelayanan dan Pengawasan Usaha Aneka Energi Baru Terbarukan, Kementerian ESDM, menyatakan pihaknya terus berusaha memberikan kerangka kebijakan suportif untuk tumbuhnya industri surya Indonesia.

“Salah satunya yang paling baru kemarin kami mengeluarkan Permen 11/2024 tentang TKDN untuk pengembangan infrastruktur kelistrikan,”

Haqi melanjutkan dengan menjelaskan bahwa saat ini Indonesia masih terkendala sejumlah hal untuk pengembangan industri surya seperti pendanaan, infrastruktur, kapasitas industri lokal, supply chain, dan (transfer) teknologi.

Indonesia Solar Summit 2024 diselenggarakan oleh Institute for Essential Services Reform (IESR) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta bermitra dengan RE100. Indonesia Solar Summit (ISS) tahun 2024 bertema  “Membangun Rantai Pasok PLTS Indonesia untuk Mempercepat Transisi Energi dan Mendukung Industri Hijau”. ISS 2024 merupakan bagian pra-acara Indonesia Sustainability Forum 2024.

Share on :

Leave a comment