Skip to content

Peluncuran Jejakkarbonku.id

Darurat krisis iklim serta dampak negatif dari krisis tersebut semakin nyata terlihat dan akan mempengaruhi aktivitas ekonomi global bahkan kehidupan sehari-hari kita. Krisis yang dipicu oleh emisi gas rumah kaca (GRK) dari aktivitas manusia ini perlu diatasi dengan usaha kolektif secara global untuk menghindari perubahan iklim yang semakin parah. Untuk mengatasi krisis iklim ini, negara-negara di dunia melalui PBB telah menyepakati Paris Agreement pada tahun 2015, di mana tingkat emisi GRK harus dikurangi serendah mungkin hingga dapat mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. Pemerintah Indonesia sendiri telah meratifikasi Paris Agreement dan telah menyampaikan komitmennya untuk menurunkan emisi GRK dengan menyiapkan visi jangka panjang untuk mengembangkan pola pembangunan rendah karbon yang sejalan dengan target yang disebutkan dalam scenario Low Carbon Compatible with Paris Agreement (LCCP)

 

Untuk dapat mensukseskan program Net Zero Emission, tentu dibutuhkan peran dari semua pihak, tak terkecuali masyarakat. Sebagai langkah awal untuk turut berkontribusi dalam mengurangi emisi GRK, penting untuk mengidentifikasi emisi GRK yang dikeluarkan dari aktivitas sehari-hari. Setelah teridentifikasi, maka kita dapat menyusun strategi dalam mengurangi emisi GRK tersebut dan lalu menerapkannya.

 

Oleh karena itu, untuk membantu mengidentifikasi emisi GRK dari aktivitas sehari-hari, Institute for Essential Services Reform (IESR) telah mengembangkan sebuah tool bernama jejakkarbonku.id, yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari tool serupa yang sudah diluncurkan IESR sejak 2012. Pada pengembangannya ini, telah terdapat fitur baru yang dapat digunakan pengguna untuk dapat berpartisipasi aktif dalam memerangi krisis iklim, diantaranya: pemutakhiran data kalkulator karbon, rekomendasi pengurangan jejak karbon, dan reminder

 

Untuk memperkenalkan fitur baru dan pengembangan tool ini maka IESR berencana menyelenggarakan peluncuran tool serta rangkaian kegiatan lanjutan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia agar lebih memahami dan peduli dengan jejak karbon masing-masing.

Sold out!

Date

Agu 05 2022
Expired!

Time

14:00 - 17:00

More Info

Read More
Category
REGISTER

Speakers

QR Code
IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter