Skip to content

Green Talk – “Energy & Sustainable Development: What’s On The Table?”

Author :

Pratinjau

Energi merupakan salah satu faktor krusial untuk keberhasilan semua target SDGs. Sebagai salah satu kebutuhan mendasar manusia modern, energi berperan untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia ditilik dari segi kesehatan, pendidikan, kesetaraan peran antar gender, hingga upaya pelestarian alam dan meredam dampak penurunan iklim. Transisi energi, yaitu perubahan penggunaan energi dari sumber bahan bakar fosil menjadi energi terbarukan, penting dilakukan dengan segera untuk memastikan bahwa pembangunan dan keberlanjutan hidup manusia tidak mengorbankan lingkungan dan masa depan. 

Dalam konteks Indonesia, transisi energi juga perlu dilakukan segera, selaras dengan Kebijakan Energi Nasional yang menargetkan pemanfaatan energi terbarukan hingga 23% pada 2025. Ada tiga hal yang harus dilakukan dalam mewujudkan transisi energi secara sistemik, yaitu meningkatkan kesadaran publik tentang transisi energi, menggerakkan agenda politik untuk fokus pada pentingnya transisi energi pada tingkat kebijakan dan publik yang lebih luas; dan mendorong perubahan kebijakan energi sehingga lebih berpihak pada pembangunan rendah karbon. Pelibatan generasi muda, terbilang penting untuk mendorong kesadaran dan perubahan dalam lingkup yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada konteks dan lansekapnya di tataran global, juga bagaimana generasi muda Indonesia saat ini mengambil peran konkret dan menjadi pelaku transisi energi di masa yang akan datang.

Institute for Essential for Services Reform berkolaborasi dengan Indonesia Mengglobal, dengan bangga mempersembahkan gelar wicara daring dengan tajuk: Green Talk“Energy & Sustainable Development: What’s On The Table?”

Agenda

Hari/Tanggal: Sabtu, 25 Juli 2020
Waktu: 14.00 - 16.00 WIB
Secara Daring: Melalui Zoom dan Youtube IESR Indonesia

Narasumber

PembicaraOrganisasi
Marlistya CitraningrumOpening - Program Manager Sustainable Energy Access, IESR
Siti Octrina MalikahOpening - President, Indonesia Mengglobal 2020/2021
Novelita Wahyu MondaminaSpeaker - Indonesia Mengglobal
Daniel KurniawanSpeaker - Solar PV and Material Technology Specialist, IESR
Gandabhaskara Saputra Host - Communications Coordinator, IESR

 


Daftar disini

Share on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Related Article

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter