Skip to content

Peringatan dan Refleksi Tiga Tahun Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap

Author :

IESR berpandangan bahwa energi surya akan menjadi prime-mover pencapaian target energi terbarukan 23% pada 2025 dan menjadi salah satu teknologi kunci untuk mendorong transisi energi. Energi surya praktis tersedia di  semua lokasi di Indonesia, teknologinya yang modular, dan mudah dipasang dan dipakai berbagai kalangan. 

Untuk itu, IESR bersama-sama  dengan berbagai stakeholders dan pelaku lainnya berusaha mengarusutamakan isu energi surya, khususnya teknologi PLTS atap. Pada 2017, bersama dengan Kementerian ESDM, Kementerian Perindustrian, Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), dan 9 lembaga lainnya, dideklarasikan Gerakan Nasional Sejuta Surya Atap (GNSSA) dengan target mencapai pemasangan 1 GWp PLTS Atap pada 2020 (setara dengan satu juta rumah).

Sepanjang 3 tahun terakhir setelah GNSSA dideklarasikan, isu energi surya telah masuk dalam diskursus energi nasional dan terdapat peningkatan minat yang signifikan pada teknologi ini. Meski demikian, jika dilihat dari target GNSSA, masih diperlukan usaha dan perbaikan regulasi serta insentif  untuk  mendukung adopsi energi surya di Indonesia. Karenanya, di bulan September ini, IESR akan menyelenggarakan diskusi refleksi dengan 13 deklarator GNSSA lainnya dan perwakilan pemangku kepentingan lain yang relevan. Melalui refleksi ini diharapkan dapat dibangun kembali komitmen bersama untuk mendorong akselerasi PLTS Atap, identifikasi tantangan untuk pengembangan PLTS Atap, ide inovasi untuk mendorong adopsi PLTS Atap.

Agenda

  • Pembukaan dan pengantar konteks (IESR)
  • Pemutaran video (kolase dari deklarator)
  • Pemantik diskusi (IESR)
  • Refleksi 3 tahun GNSSA
  • Diskusi terbuka dengan semua peserta
  • Kesimpulan dan deklarasi tindak lanjut
  • Penutupan

Materi Paparan

Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif IESR

IESR_Tiga Tahun GNSSA-FT1

Unduh

Share on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Related Article

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter