Citra-Crop

Dr. Marlistya Citraningrum

Manajer Program • Akses Energi Berkelanjutan

Marlistya Citraningrum (Citra) mempelopori pekerjaan IESR dalam menciptakan ekosistem yang memungkinkan untuk akses energi yang inklusif dan berkelanjutan untuk seluruh kalangan – sebuah manifestasi demokrasi energi. Ini termasuk memajukan wacana energi surya dan kebijakannya, mendorong narasi untuk akses energi berkualitas tinggi tak sekedar terhubung, dan menumbuhkan SolarHub Indonesia oleh IESR – platform energi surya satu atap. Dalam lingkupnya, ia mengelola kemitraan dan banyak terlibat dengan beragam kementerian dan lembaga pemerintah, organisasi masyarakat sipil, asosiasi, komunitas, serta publik. Ia juga melakukan analisis dan penelitian tentang isu energi dan gender, desentralisasi energi, dan Tujuan Pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Sejak tahun 2017, Citra telah terlibat erat dalam Asosiasi Energi Surya Indonesia (ISA/AESI), di mana IESR telah aktif sejak awal berdiri – dan untuk tahun 2021 – 2024, ia adalah Wakil Ketua Pengembangan Organisasi dan Penjangkauan.

Salah satu karyanya dengan Energy Innovation, WRI, dan WRI Indonesia: Energy Policy Simulator (EPS), telah diakui sebagai finalis dalam Ide Perubahan Dunia Tahunan Kedua Fast Company – sebuah platform penghargaan untuk kebijakan, proyek, dan konsep yang menawarkan solusi inovatif terhadap tantangan global. Sejak 2018, ia duduk di Kelompok Koordinasi Koalisi ACCESS (Aliansi CSO untuk Akses Energi Bersih), sebuah koalisi CSO internasional yang bekerja untuk mempercepat transisi global ke energi bersih.

Citra bergabung dengan IESR pada Juni 2016. Sebelumnya, Citra bekerja di sektor pengembangan masyarakat, di mana ia memperoleh pengalaman komprehensif dalam penilaian perilaku, fasilitasi, pemantauan dan evaluasi, dan pelibatan berbagai pemangku kepentingan.

Dia meraih gelar PhD dari Taiwan Tech dengan fokus penelitian pada pengelolaan lingkungan. Dia sangat menyukai penggunaan cerita dalam penelitian, memberikan latar belakang dan makna untuk menyajikan bukti kuat.