Skip to content
COV BP2

Briefing Paper: Mekanisme Lelang Terbalik untuk PLTS Skala Besar

Penulis: Pamela Simamora

Sistem lelang terbalik sebagai mekanisme pengadaan (procurement) dinilai memiliki keunggulan dalam menciptakan kompetisi antar pemain sehingga dapat mendorong penurunan biaya investasi dan pembangkitan listrik dari energi surya. India, Meksiko, Uni Emirat Arab, dan Brasil mendapatkan penurunan biaya pembangkitan listrik dari PLTS yang sangat tajam selama 5-10 tahun terakhir. Keempat negara tersebut telah menggunakan sistem lelang terbalik untuk pengadaan proyek pembangkit tenaga surya skala besar (utility scale). Sistem lelang terbalik, di samping kondisi geografis, skala proyek, skema pembiayaan, insentif, dan kepastian regulasi, terbukti berhasil membantu negaranegara tersebut mendapatkan harga listrik dari energi surya terendah di dunia.

Briefing paper ini membahas tentang mekanisme lelang terbalik di 4 negara di atas, penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan di masing-masing negara, dan rekomendasi untuk desain lelang serupa di Indonesia.

Author :

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter 

IESR-Secondary-logo

By submitting this form, you agree to receive marketing-related electronic communications from IESR including news, events, updates and promotional emails. You may withdraw your consent and unsubscribe from these at any time, for example, by clicking the unsubscribe link included in our emails.

Newsletter