Fabby-Crop

Fabby Tumiwa

Direktur Eksekutif

Fabby Tumiwa adalah ahli transisi energi dan Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR), sebuah think tank Indonesia dalam kebijakan energi dan lingkungan. IESR mengadvokasi transisi energi rendah karbon di Indonesia.

Fabby telah bekerja pada kebijakan dan regulasi energi selama lebih dari 20 tahun, serta sebagai praktisi energi terbarukan. Ia memberikan nasihat kepada berbagai instansi pemerintah Indonesia, bisnis, dan LSM, serta organisasi pembangunan multilateral dalam regulasi kelistrikan, energi terbarukan, dan kebijakan dan regulasi efisiensi energi, dan kebijakan perubahan iklim. Dari tahun 2006 hingga 2017, ia menjadi anggota negosiator Indonesia dalam negosiasi perubahan iklim.

Fabby Tumiwa adalah salah satu pendiri Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) pada tahun 2016, kemudian menjabat sebagai Wakil Ketua, dan sejak tahun 2021 memimpin asosiasi sebagai Ketua. 

Fabby adalah anggota LEAD Fellow 2007 dan 2009 Eisenhower Fellow. Pada tahun 2021, Fabby ditunjuk sebagai anggota Dewan Penasihat Berkelanjutan GoJek Indonesia dan menjabat sebagai anggota dewan penasihat Indonesia Energy Transition Partnership (ETP). Fabby sebelumnya menempuh kuliah Teknik Elektro di Universitas Kristen Satya Wacana.