Ilham

Ilham Rizqian Fahreza Surya

Peneliti Kebijakan Lingkungan

Ilham bekerja sebagai peneliti kebijakan lingkungan di Institute for Essential Services Reform (IESR). Ia berfokus di bidang kebijakan lingkungan, transisi energi berkeadilan, dinamika batubara dan kebijakan energi. Dalam tim riset, Ilham berkutat dengan sisi sosial dan sisi kebijakan dari proyek-proyek penelitian di IESR.

Sebelum bergabung dengan IESR, Ilham pernah bekerja sebagai analis konsultan bagi perusahaan produsen produk ibu & bayi di Belanda, Nine&Co (Noppies) dalam transisi menuju model bisnis sirkuler (circular business model). Selain itu, dia juga pernah terlibat dalam ragam proyek ekonomi sirkuler termasuk tekstil dan plastik serta beberapa proyek pemberdayaan masyarakat dan komunitas, baik di Indonesia maupun di Belanda

Ilham mengambil gelar magisternya di jurusan Environmental Policy di Wageningen University and Research (WUR), Belanda, dan lulus dengan gelar Master in Environmental Sciences (MSc). Sebelumnya, ia belajar di Universitas Gadjah Mada, mengambil program studi Manajemen dan Kebijakan Publik International Undergraduate Programme (IUP). Di tahun 2017, Ilham mengikuti program pertukaran pelajar di Agder University, Norwegia selama 6 bulan di jurusan International Development.

Di masa perkuliahannya, Ilham aktif di beberapa organisasi mahasiswa seperti Perhimpunan Pelajar Indonesia di Wageningen (PPI Wageningen), Keluarga Alumni Gadjah Mada in Netherlands (KAGAMA NL), SKM UGM Bulaksumur dan lain – lain. Ilham memiliki latar belakang yang kuat di bidang media, pembuatan konten dan copywriting karena ia sudah menekuni bidang ini sejak SMA hingga kini. 

Setelah jam kerja, Ilham sibuk mengerjakan jurnal publikasinya berjudul “Network power and social exclusion when plastic flows change: A case study of community Waste Banks in Klaten Municipality in Indonesia” bersama kolega sekaligus eks-supervisornya, dr. Judith van Leeuwen, dari Wageningen University and Research.

Di waktu luangnya, Ilham suka berpergian ke tempat-tempat baru dan mencoba makanan khas daerah setempat, selain itu Ilham gemar menonton Netflix untuk bersantai.

Publikasi Terkait

Artikel Terkait