Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun, 17 Agustus 1945 – 17 Agustus 2020, Institute for Essential Services Reform mengajak kaum muda Indonesia dan rekan – rekan jurnalis untuk menyumbangkan ide, gagasan, dan kreatifitas mereka dalam bentuk karya: Video Inovasi, Fotografi (Photo story), dan Jurnalisme Kreatif dalam sebuah rangkaian kegiatan Transisi Energi Ideathon 2020.

Mengangkat tema besar Indonesia Merdeka dari Energi Kotor.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kembali kesadaran serta kepedulian masyarakat akan pentingnya kedaulatan energi di Indonesia, dengan mulai beralih dari energi kotor (fosil) sekaligus mempromosikan potensi energi terbarukan yang melimpah di negeri ini. Semua karya akan dilombakan dalam bentuk karya tulis, audio dan visual yang dapat diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia mulai dari usia remaja.

Video Inovasi

Terbuka untuk umum, 17 – 30 tahun. Warga negara Indonesia

Diperkenankan untuk berpartisipasi secara individu atau secara berkelompok dengan jumlah anggota maksimal 5 orang

Menciptakan sebuah karya Video berdurasi minimal 3 menit dan maksimal 10 menit. Karya video dapat berupa Animasi, non-animasi, atau gabungan dari keduanya dengan mengusung gagasan besar bagaimana Indonesia Merdeka dari Energi Kotor.

Wajib mencamtumkan sumber data/informasi dari publikasi atau hasil studi IESR selama tiga tahun terakhir.

Photo Story

Terbuka untuk umum, berusia 17 tahun keatas. Warga negara Indonesia

Setiap peserta diharapkan mengirimkan sedikitnya lima foto, dengan mencantumkan caption (judul foto) dan narasi cerita minimal 250 kata, dengan menangkap momen energi (bersih) atau dikemas dengan narasi yang mendukung transisi energi di Indonesia

 

Jurnalisme Kreatif

Kategori lomba ini dikhusukan bagi para jurnalis/wartawan di Indonesia, dengan mengangkat tema besar tentang energi terbarukan di Indonesia. Karya lomba dapat berupa:

  • Artikel/Opini
  • News feature
  • In-depth report

Para peserta diharapkan dapat memberikan sebuah perspektif baru dalam tulisannya, dan mendukung proses transisi energi di Indonesia. Wajib mencantumkan sumber data/referensi dari hasil laporan atau studi dari IESR dengan hasil wawancara atau pernyataan dari narasumber yang ahli dalam bidangnya (khusus untuk in-depth report)

Rangkaian kegiatan ini akan dibuka hingga batas akhir pengumpulan pada 31 Agustus 2020, dan peserta (video dan foto) di ajak untuk juga berkampanye secara mandiri melalui kanal media sosial mereka untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah dalam kategori juara favorit.

Hadiah yang ditawarkan dari Transisi Energi Ideathon 2020 ini adalah kesempatan untuk memenangkan uang tunai senilai total Rp. 54.000.000.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran dapat mengunjungi laman s.id/Indonesia-MerdekadariEnergiKotor

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *