Skip to content

Memungkinkan Pangsa Energi Terbarukan yang Tinggi dalam Sistem Ketenagalistrikan Indonesia pada tahun 2030: Rencana pengembangan listrik alternatif yang kompatibel dengan Persetujuan Paris 1,5°C

Studi ini bertujuan untuk memberikan metodologi dan proyeksi penetrasi energi terbarukan yang lebih tinggi ke dalam sistem kelistrikan Indonesia. Sumber energi terbarukan yang digunakan sebagai kandidat pembangkit listrik dalam studi ini adalah tenaga surya, angin, dan biomassa, sedangkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi dan hidro hanya mempertimbangkan pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi dan hidro yang sudah ada di dalam pipeline RUPTL saat ini.

Selengkapnya »

Pemetaan Project Pipeline PLTS di Indonesia

Hasil studi ini menunjukkan bahwa pemanfaatan PLTS di Indonesia memiliki potensi untuk keluar dari perangkap orde megawatt. Alih-alih terjebak dalam pertumbuhan yang tidak signifikan, project pipeline menunjukkan bahwa permintaan PLTS untuk menyuplai energi di Indonesia terbilang sangat tinggi dan berhasil mencapai orde gigawatt.

Selengkapnya »

Climate Transparency Report 2022

Ringkasan Laporan ini merupakan bagian dari Climate Transparency Report 2022. Kami mengungkap kemajuan Indonesia dan menyoroti peluang-peluang utama untuk meningkatkan aksi iklim di seluruh adaptasi, mitigasi, dan keuangan

Selengkapnya »

Indonesia Solar Energy Outlook 2023

ISEO 2023 memberikan informasi terkini tentang kemajuan PLTS sebagai sumber energi utama dalam transisi energi Indonesia, serta tantangan dan peluang pasarnya. Kami berharap laporan ini dapat menjadi referensi utama bagi pembuat kebijakan, regulator, pemodal, dan masyarakat untuk mendapatkan wawasan tentang pengembangan PLTS di Indonesia. Mari jadikan solar PV sebagai motor penggerak transisi energi Indonesia!

Selengkapnya »

Indonesia Sustainable Finance Outlook (ISFO) 2023

Indonesia Sustainable Finance Outlook (ISFO) 2023 adalah penelitian unggulan terbaru Institute for Essential Services Reform (IESR). Laporan ini memberikan analisis yang komprehensif dan mendalam tentang pembiayaan berkelanjutan di Indonesia, dengan fokus pada sektor energi.

Selengkapnya »

Pembiayaan Phase-out PLTU batubara Indonesia

Langkah memensiunkan PLTU yang lebih cepat dan berkeadilan guna menuju emisi nol bersih
Penelitian ini menggunakan metodologi terstruktur untuk mengembangkan rencana yang layak dan kebutuhan pendanaan terkait untuk menghentikan armada pembangkit listrik tenaga batu bara Indonesia dalam mendukung emisi neto-nol nasional 2050 dan target global 1,5ºC. Dengan menggunakan data terbaik yang tersedia, kami melakukan penilaian yang komprehensif dan sistematis untuk memahami besarnya dan distribusi manfaat dan biaya dari percepatan transisi batubara yang adil di Indonesia.

Selengkapnya »
IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter