Malindo

Malindo Wardana

Manajer Sustainable Energy Transition di Indonesia (SETI)

Malindo Wardana atau biasa disapa Mal saat ini bertugas di proyek Sustainable Energy Transition in Indonesia (SETI) sebagai manajer proyek. Tugas utamanya adalah merancang dan menjalankan aktivitas-aktivitas terkait dekarbonisasi dan peningkatan efisiensi di sektor bangunan, khususnya bangunan komersil dan Gedung pemerintahan. Dalam menjalankan proyek tersebut, Mal bekerja sama dengan badan pemerintahan baik pusat maupun tingkat kota, perusahaan, dan organisasi nirlaba.

Sebelum bekerja di IESR, Mal menempuh pendidikan S2 Energy Systems di University of Melbourne. Ketika berkuliah, Mal berkesempatan mengikuti Wattle Fellowship, kegiatan ko-kurikuler tentang gaya hidup berkelanjutan. Dari kegiatan-kegiatan Wattle Fellowship, Mal mulai tertarik dengan transisi energi dan hidup berkelanjutan. Dengan hibah yang didapat dari Wattle Fellowship, Mal bersama 7 rekannya di kampus kemudian membuat Chata Charya (Instagram: @chata_charya), sebuah organisasi non-profit untuk mengedukasi anak-anak tentang gaya hidup berkelanjutan. 

Sebelum menempuh pendidikan S2, Mal bekerja sebagai field service engineer di NOV Rig Solutions di Singapura selama 9 tahun. Saat itu, Mal bertugas di wilayah Asia, Australia, dan Afrika untuk menyelesaikan masalah terkait sistem dan alat eksplorasi minyak dan gas bumi (migas) dan bekerja bersama tim internasional untuk proyek pemasangan, pengetesan, dan sertifikasi ulang alat pengeboran. Selain itu, Mal juga pernah bekerja paruh waktu sebagai business developer di Jalan Jalan Toraja dengan tugas utama mengelola media sosial perusahaan, mempromosikan jasa pemanduan, dan membuat poster/ konten untuk media sosial dengan Canva. Sebelum bekerja, Mal menempuh pendidikan S1 jurusan mechanical engineering di Nanyang Technological University.

Mal sangat menyukai pengaplikasian teknologi dan rekayasa teknik di kehidupan sehari-hari, khususnya di sektor energi, pertanian, dan peternakan. Dia pengguna aktif AutoCAD, EnergyPlus, PVSyst, System Advisor Model, dan sedang belajar menggunakan LEAP dan Plexos. Di waktu luangnya, Mal sangat menyukai hal-hal terkait desain, mengobrol dengan teman dan orang-orang baru, berolahraga, dan mengikuti festival dan pameran.

Related Publication

Related Article