Martha

Martha Jesica Solomasi Mendrofa

Koordinator Riset Sosial, Kebijakan dan Ekonomi

Martha Jesica Solomasi Mendrofa adalah Koordinator Riset Kelompok Sosial, Kebijakan dan Ekonomi di IESR. Martha berfokus pada aspek sosial dan ekonomi dari penelitian terkait energi transisi yang berkeadilan. Ketertarikannya dalam isu pembangunan inklusif dan berkelanjutan tertuang dalam ragam riset dan laporan.

Martha meraih gelar Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota di Institut Teknologi Bandung, dan Magister Perencanaan Wilayah dan Kota dengan program akademik yang berfokus pada Pengembangan Wilayah di Institut Teknologi Bandung. Dalam studi perencanaan kota dan wilayah, Martha belajar tentang pemahaman yang komprehensif dari berbagai aspek perencanaan dan pembangunan seperti lingkungan, infrastruktur, sosial, ekonomi, dan kelembagaan. Martha secara khusus mempelajari pembangunan daerah di sekolah masternya karena terdorong untuk belajar tentang pembangunan kehidupan pedesaan dan marjinal. Selama studinya di universitas, Martha ikut menulis artikel prosiding berjudul “Building the resilience of rural creative entrepreneurship through leadership concept,” yang diterbitkan dalam Seri Konferensi IOP: Ilmu Bumi dan Lingkungan.

Sebelum bergabung dengan IESR, Martha bekerja sebagai Research and Policy Intern di J-PAL Southeast Asia, di mana ia bergabung dengan tim Inclusive Financial Innovative Initiative (IFII) dan berkontribusi pada analisis data untuk proyek penelitian keuangan digital yang inklusif. Martha juga pernah bekerja sebagai Asisten Riset dan Akademik di Kelompok Keahliah Perencaan Wilayah dan Desa, SAPPK-ITB di mana ia berkontribusi pada proyek penelitian tentang transformasi pedesaan, digitalisasi perdesaan, dan aspek sosial budaya dalam perencanaan tata ruang wilayah.

Untuk menyeimbangkan waktu bekerja dan belajar, Martha menyenangi berbagai jenis seni, mulai dari mengapresiasi seni rupa, mendengarkan musik, menulis puisi, membuat doodle dan sketsa, dan terkadang menonton teater di waktu senggangnya.