Skip to content

Perubahan Iklim Global

Author :

Authors

Oleh: Sarah Apriliani Nurjanah, Sobat Esensial IESR Batch 3

Perubahan iklim global saat ini sudah mencapai tingkat yang cukup parah. Suhu mulai meningkat, cuaca semakin tidak menentu dan semakin panas. Perubahan iklim di dunia ternyata berhungan dengan tingkat pengendalian sosial manusia. Misalnya pola hidup dan tingkah laku. Seperti banyaknya pembangunan green house atau hiduponik. Kebanyakan masyarakat Indonesia maupun daerah tingkat kepeduliannya terhapap lingkungan sangat rendah.

Pembangunan rumah kaca mempunyai keunungan yang besar dalam pertanian dan dalam peningkatan tingkat ekomoni. Namun karena kurangnnya kepedulian dan tidak terkendalinya pembangunan rumah kaca. Indonesia adalah negara yang termasuk kedalam negara berkembang yang menghasilkan polusi, sampah terbanyak. Sehingga banyak sekali faktor-faktor yang dapat merusak iklim. Selain itu pemanasan global juga berpengaruh bagi pertumbuhan manusia. Salah satunya adalah membuat manusia menjadi kerdil.

Salah saru cara untuk mengendalikan dan mencegah pemanasan global terus meningkat adlah dengan menyadarkan masyarakat akan pentingnya peduli terhadap lingkungan dan perubahan iklim. Selain itu saya ingin sekali membuat penyuluhan di daerah tempat lahir saya yang dulu adalah sebuah desa yang indah nan asri. Sekarang desa ini menjadi gersang dan panas akibat pembangunan rumah kaca yang  begitu cepat dan banyak.

Tingkat ekomoni menngkat namun lingkungan sekitar telah rusak. Sehingga dibutuhkan kesadaran masyarakat desa ini untuk adanya pengendalian pembangunan rumah kaca. Memberikan penyuluhan berupa cara mengatasi permasalahan yang terjadi adalah dengan membuat sumur resapan. Karena pada saat membangun rumah kaca tidak disediakan penyerapan air.

Share on :

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Article

Indonesia Menuju Era Hidrogen Hijau

Bogor, 6 Februari 2024 – Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin mendesak, satu di antara langkah krusial yang harus diambil adalah mempercepat investasi dalam

Selengkapnya >
IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter