Pinto-1080p

Pintoko Aji

Peneliti Energi Terbarukan

Pintoko Aji atau akrab dipanggil Pinto adalah peneliti terkait isu-isu terkini energi terbarukan dan transisi energi termasuk studi kelayakan dan pemodelan skema transisi energi. Dia memiliki spesialisasi penelitian seputar turbin angin terkait pengembangan bilah turbin angin sumbu horizontal dan optimasi susunan turbin angin sumbu vertikal. Sebelum bekerja di IESR, Pinto pernah bergabung dengan PT Lentera Bumi Nusantara untuk penelitian pengembangan turbin angin dengan kecepatan cut-in rendah sebagai upaya peningkatan kapasitas faktor PLTB. Selain itu, dia sedang merintis startup Kincir Island yang menyediakan layanan assessment energi angin dan pengembangan turbin angin perkotaan.

Pinto pernah terlibat dalam proyek Kedaireka dalam rangka intervensi stunting di Indonesia timur melalui penyediaan akses air bersih dan energi untuk daerah terpencil bersama Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gajah Mada (UGM). Dia juga sempat bekerja di Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) UGM sebagai asisten editor Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (JPkM).

Pinto meraih gelar sarjana teknik dari Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM dan sedang menjalani studi magister Teknik Mesin UGM dengan konsentrasi konversi energi. Pinto merupakan salah satu anggota sabuk hitam Taekwondo dan juga seorang wasit nasional.

Related Publication

Related Article