Skip to content
BOOK_-Navigasi-Isu-Perubahan-Iklim-di-Pemilu-2024_compressed_page-0001

Navigasi Isu Perubahan Iklim di Pemilu 2024

Panduan Komunikasi Untuk Politisi

Buku ini diterbitkan oleh Monash Climate Change Communication Research Hub (MCCCRH) Indonesia Node.

Penerbitan buku ini terwujud atas kontribusi pemikiran dan konten dari Institute for Essential Services Reform (IESR) dan Program Clean, Affordable, and Energi Aman untuk Asia Tenggara (CASE), Climateworks Centre Indonesia, serta dukungan administratif dari Monash University, Monash Climate Change Communication Research Hub (MCCCRH), dan Monash University, Indonesia.

Urgensi untuk mengatasi perubahan iklim tidak pernah lebih besar dari sekarang, dan para politisi memegang posisi penting dalam mengkomunikasikan narasi yang berdampak dan berbasis bukti kepada masyarakat yang beragam.

Tujuan utama dari buku berjudul “Menghadapi Isu Perubahan Iklim dalam Pemilu 2024: Panduan Komunikasi untuk Politisi” adalah untuk membantu para politisi dalam mendapatkan persentase suara yang lebih tinggi pada pemilu 2024 mendatang dengan memberikan narasi perubahan iklim dengan informasi ilmiah terkini dan secara efektif melawan disinformasi yang berkaitan dengan perubahan iklim.

Fenomena perubahan iklim memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku politik, sementara kesalahpahaman yang terjadi dapat mempengaruhi persepsi publik dan kemudian berdampak pada keputusan kebijakan di masa depan.

Buku ini memberikan gambaran umum tentang penelitian ilmiah terkini tentang perubahan iklim, seperti meningkatnya permukaan air laut di Indonesia dan suhu global bumi pada bulan Juni-Agustus 2023 yang merupakan musim panas terpanas dalam 174 tahun terakhir.

Buku ini juga menggarisbawahi pentingnya upaya kolaboratif dengan para pemangku kepentingan, termasuk media, dalam mengadvokasi isu-isu perubahan iklim. Selain itu, buku ini juga membahas metode yang paling efektif untuk mengomunikasikan isu perubahan iklim secara efektif kepada para pemilih yang beragam (mulai dari pemilih dengan keyakinan agama yang kuat hingga pemilih yang tidak memiliki keyakinan agama).
(mulai dari pemilih dengan keyakinan agama yang kuat hingga ibu rumah tangga), serta menyajikan studi kasus tentang kampanye politik yang telah mencapai keberhasilan dalam hal ini.

Untuk tahu informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Website Monash University di: www.monash.edu 

Author :

Authors

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter