JES-1080p

Rahmat Jaya Eka Syahputra

Staf Program Transformasi Energi

Rahmat Jaya Eka Syahputra, dipanggil Jes, bergabung di IESR sebagai staf program Transformasi Energi (ET). Jes bertanggung jawab untuk mengelola rencana kerja program energi transisi dalam melakukan advokasi kebijakan kepada pemerintah dan juga peningkatan kesadaran masyarakat luas.

Ketertarikan Jes dalam bidang energi sudah terlihat saat berkuliah dimana ia melakukan riset terkait konversi limbah plastik menjadi BBM dan juga pengembangan material solid oxide fuel cell. Ia juga melakukan analisis dampak produksi listrik dengan menggunakan metode Life Cycle Assessment cradle to grave di beberapa PLTU di Jawa Tengah dan Banten.

Sebelumnya bergabung dengan IESR, Jes bekerja di sektor pengembangan masyarakat dalam bidang pendidikan dan akses energi untuk masyarakat daerah 3T. Dalam kesempatan tersebut ia mendapatkan pengalaman dalam melakukan pemetaan potensi dan pelibatan masyarakat.

Jes merupakan alumni dari Jurusan Kimia Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ia juga suka melakukan aktivitas olahraga diluar ruangan seperti mendaki gunung dan berenang.

Related Publication

Related Article