BPK Diminta Audit untuk Tahu Efisiensi tiap Pembangkit Listrik

Oct, 11 2011

Penulis :

JAKARTA–MICOM: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diminta melakukan audit yang lebih teknis pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terkait dengan potensi hilangnya kesempatan penghematan biaya bahan bakar.

Dengan audit yang lebih teknis, BPK diharapkan mengetahui tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar pada setiap pembangkit listrik PLN.

Demikian diungkapkan pengamat kelistrikan Fabby Tumiwa di Jakarta, Sabtu (8/10). “Auditnya agak lebih teknis juga sehingga bisa lihat efisiensi per jenis pembangkit apakah sesuai standar,” ungkapnya.

Dengan audit yang lebih teknis, BPK bisa membuat kesimpulan yang lebih menyentuh terkait potensi hilangnya penghematan dan optimalisasi pembangkit listrik PLN.

Selain itu, BPK bisa mengetahui besaran susut jaringan (losses) yang dinilai masih terjadi di PLN.

Fabby melihat, susut jaringan masih banyak terjadi karena pembebanan lebih terhadap gardu dan trafo milik PLN.

Beban gardu dan trafo seharusnya sebesar 80%-85% dari beban maksimal. Tapi saat ini beban gardu dan trafo milik PLN diperkirakan mencapai lebih dari 90%.

“Itu suatu saat bisa meledak karena koneksi jaringan sangat padat,” ujarnya. (ML/OL-5)

Artikel Terkait
Apr, 21 2012

JAKARTA– Pemerintah akan mengimpor listrik hingga 50 megawatt (MW) dari Serawak, Malaysia, untuk menekan biaya produksi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai 2014 mendatang. Direktur

Jul, 27 2010

20 Persen dari total emisi gas yang terbuang ke atmosfir bumi berasal dari negara maju. VIVAnews – Cuaca di Indonesia, khususnya di Jakarta, yang semakin

Dec, 22 2015

Bisnis.com, JAKARTA — Koalisi Publish What You Pay Indonesia (PWYP)  menyambut Indonesia yang mendapatkan status EITI Compliant Country dan didorong untuk membuat sektor pertambangan lebih

Mar, 15 2010

Senin, 15 Maret 2010 – 10:30 wib Wilda Asmarini – Okezone   Foto: Koran SI JAKARTA – Rencana pemerintah untuk menaikkan tarif dasar listrik (TDL)

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close