Skip to content

Efisiensi Energi

Efisiensi energi memiliki peranan dalam menciptakan ekonomi hijau, dimana penggunaan energi yang lebih sedikit akan membuat pengurangan emisi gas rumah kaca dapat dilakukan, namun tidak menyebabkan turunnya tingkat pertumbuhan ekonomi. Optimalisasi efisiensi energi dapat dilakukan pada seluruh sektor yang ada di aspek permintaan energi, seperti gedung komersial, industri, publik, rumah tangga, dan industri.

Setelah menyelesaikan studi efisiensi energi pada industri pada tahun 2018, kami memberi perhatian khusus pada peralatan elektronik di tahun 2019 karena listrik berkontribusi paling besar terhadap konsumsi energi dalam sebuah bangunan atau gedung. Sistem pendingin, di antara perangkat listrik lain, memiliki bagian konsumsi listrik yang paling signifikan, sehingga mesin pendingin udara atau AC menjadi potensi  efisiensi energi yang paling besar. Pada 2019, IESR mendukung Berkeley Lab sebagai mitra Indonesia dalam Program Jalur Energi Bersih Indonesia.

IESR menyediakan data dan analisis untuk melakukan efisiensi energi di sektor industri dan mempercepat transformasi pasar (untuk efisiensi energi) pada pendingin udara.

Transisi Bahan Bakar Minyak

Transisi menuju bahan bakar bersih dari dominasi batubara

Mitigasi Perubahan Iklim

Mendorong pemerintah untuk memiliki aksi mitigasi perubahan iklim yang lebih ambisius

IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter