Riina-2-1080p

Riina Syivarulli

Staf Program Regional Jawa Tengah, Akses Energi Berkelanjutan

Riina berperan untuk membantu Program Manager Akses Energi Berkelanjutan dalam mengimplementasikan aktivitas program khususnya program di daerah Jawa Tengah. Dia membantu dalam pelaksanaan tugas dan proyek sehari-hari, serta pengelolaan administrasi. Termasuk kontribusi dalam pengembangan rencana kerja, pengembangan program dan organisasi. Fokus kerja utamanya mencakup berkomunikasi, menjaga hubungan, dan memperluas jangkauan kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan di Jawa Tengah. 

Sebelumnya Riina ikut tergabung sebagai Asisten Peneliti di Energy and Society Laboratory, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dengan fokus penelitian tentang aspek teknis, pendidikan dan sosial energi baru dan terbarukan, khususnya Energi Panas Bumi.

Riina merupakan lulusan S1 Pendidikan Teknik Mesin UNS dan Pascasarjana Pendidikan Guru Vokasi UNS Surakarta. Meskipun latar belakang Riina terkait dengan dunia pendidikan, dia adalah seorang pemerhati masalah lingkungan dan dia sering terlibat dalam kunjungan, proyek serta penelitian tentang Energi Terbarukan.

Tahun 2017, Riina terlibat dalam program Pembelajaran Interaktif Energi Terbarukan (Panel Surya dan Turbin Angin) untuk dua Sekolah Dasar di Klaten, Jawa Tengah, yaitu SD Negeri 1 Ngreden dan SD Alam Bengawan Solo. Tahun 2018, Riina melakukan penelitian tentang transisi energi, yaitu pengelolaan limbah Calophyllum inophyllum (biomass) menjadi bahan bakar alternatif menggunakan teknologi hidrotermal. Baru-baru ini, Riina juga telah melakukan penelitian tentang “Education and Public Outreach” Energi Panas Bumi. Selain itu, dia juga pernah melakukan kunjungan ke Peternakan Sapi di daerah Boyolali, Jawa Tengah, yang mengubah limbah ternak Sapi menjadi Biogas. Dia mendapatkan banyak pengalaman untuk  menciptakan dan memperdayakan sumber daya yang ada untuk mengembangkan energi terbarukan menjadi energi masa depan yang dapat dijangkau berbagai pihak.

Riina sangat antusias dengan berbagai isu tentang energi terbarukan. Dia berharap dapat berperan aktif dan berkontribusi penuh untuk memperdayakan seluruh pihak menuju energi bersih, hijau, dan ramah lingkungan.

Riina sangat menyukai alam. Pantai adalah destinasi favorit untuk berlibur. Berlibur ke pantai dapat meningkatkan kreativitas, mengurangi kecemasan serta dapat mengembalikan kesehatan mental di tengah kesibukan.

Publikasi ilmiah yang pernah ditulis Riina adalah “Upgrading The Quality of Solid Fuel Made from Nyamplung (Calophyllum inophyllum) Carbonization Treatment.” (doi:10.32604/EE.2020.010493)

Related Publication

Related Article