Ini Dampaknya Jika RI Tak Bangun Pembangkit Listrik Baru

Sep, 17 2015

Penulis :

Seorang Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Seorang Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah telah memprogramkan penambahan penambahan pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt (MW) dalam lima tahun. Apa dampaknya jika kapasitas listrik tidak bertambah?

Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform Fabby Tumiwa mengatakan, jika kapasitas listrik tidak bertambah maka semakin banyak masyarakat Indonesia yang kekurangan listrik. Saat ini masih ada 9 juta rakyat Indonesia yang belum menikmati listrik.

“Kalau listrik kurang, kesempatan orang dapat listrik berkurang, 9 juta belum dapat,” kata Fabby, dalam acara dalam acara Livestreaming Liputan6.com, di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Fabby menambahkan, dampak lain jika tidak ada tambahan pasokan listrik baru adalah tidak ada penambahan sektor industri. Pasalnya, berkembangnya industri di tanah air sangat membutuhkan pasokan listrik.

“Kalau industiri mau membangun tidak ada listrik gimana mau membangun?,” tegasnya.

Selain itu, jika pasokan listrik baru tidak ada, akan menurunkan produktifitas, konsumsi listrik akan mandek dan tidak berkembang. Hal tersebut akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.

“Ketiga produktifitas turun, kalau rendah ekonomi turun ini yang kita hindarkan, terlebih dari 24 sistem 9 sampai 10 sistem defisit total 7 ribu MW, sistem krisis ini perlu ditambah listriknya kalau tidak kita menikmati mati lampu,” pungkasnya (Pew/Zul)

Sumber: Liputan6.com.

Artikel Terkait
May, 6 2013

BISNIS.COM, JAKARTA—PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) harus mengendalikan pertumbuhan konsumsi listrik untuk mengantisipasi meningkatnya penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk pembangkit listrik. Fabby Tumiwa, Direktur

Nov, 18 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah dinilai harus mematok tarif bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke harga keekonomiannya. Harga baru BBM khusus dhuafa itu masih belum mencapai

Sep, 13 2015

JAKARTA – Masyarakat disebut bakal kecewa jika pemerintah tidak merealisasikan rencana pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 35 ribu megawatt (mw). Pasalnya, pemadaman listrik saat ini masih

Apr, 3 2018

Jakarta-ANTARA News – Pengamat energi Fabby Tumiwa menyarankan untuk memprioritaskan pembangunan jaringan gas di kawasan permukiman baru dan komplek hunian vertikal. “Membangun jaringan gas kota

0 Comment

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published, Required fields are marked

Close