germanwatch_iesr_germany-indonesia_energy_transition_2023-01

Menilai Peluang Percepatan Pembiayaan Transisi Energi Jerman-Indonesia

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan lanskap pembiayaan iklim di Jerman dan Indonesia, dengan fokus utama pada mitigasi iklim, khususnya di sektor energi.

Berkenaan dengan Jerman, makalah ini memberikan ikhtisar tentang aliran pembiayaan iklim, struktur, dan tren pembiayaan iklim internasional Jerman. Selain itu, juga memperhitungkan wacana politik baru-baru ini di Jerman serta kondisi geopolitik yang mengikuti invasi Rusia ke Ukraina, dan krisis energi yang terjadi di Eropa. Berkenaan dengan Indonesia, makalah ini memberikan pandangan tentang target dan pencapaian mitigasi iklim Indonesia, tren terkini terkait pembiayaan transisi energi di negara ini, dan peluang potensial untuk penyediaan lebih lanjut pendanaan iklim internasional untuk mendukung transisi energinya.

Dengan menilai tren pembiayaan iklim di kedua negara, serta perkembangan terkini dan preseden masa lalu tentang kerja sama energi antara Jerman dan Indonesia, pengarahan ini mengidentifikasi aspek-aspek utama transisi energi Indonesia yang sejalan dengan prioritas Jerman dan menyoroti titik masuk lebih lanjut dan peluang untuk mendukung transisi energi di Indonesia.