Skip to content

Tentang Kami

Institute for Essential Services Reform (IESR) adalah think-tank di bidang energi dan lingkungan. IESR mendorong transformasi menuju sistem energi berkelanjutan dengan melakukan advokasi kebijakan publik yang bertumpu pada kajian berbasis data dan saintifik, melakukan asistensi dan pengembangan kapasitas, serta membangun kemitraan strategis dengan aktor-aktor non-pemerintah.

Sejarah IESR

IESR yang secara resmi dimulai pada 2007, awalnya merupakan Working Group on Power Sector Restructuring (WGPSR) yang diselenggarakan oleh International NGO Forum on Indonesia Development (INFID) pada 2001 – 2006.

WGPSR dibentuk pada 2001 oleh INFID, Indonesian Corruption Watch (ICW), Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Public Interest Research and Advocacy Center (PIRAC), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, dan Yayasan Gemi Nastiti (GENI). WGPSR mengadvokasi reformasi sektor power di Indonesia pasca hantaman krisis finansial.

Advokasi juga dilakukan selama program reformasi struktural yang didukung oleh IMF dan bank-bank pembangunan multilateral berlangsung. WGPSR terlibat dengan kebijakan dan regulasi tarif listrik, pengaturan, dan subsidi sektor power.

WGPSR sendiri merupakan organisasi masyarakat sipil pertama yang mempromosikan kepentingan publik terhadap kebijakan dan pengambilan keputusan sektor power Indonesia yang pada saat itu masih belum jelas.

Berdasarkan evaluasi eksternal yang dilakukan untuk WGPSR pada 2006, terdapat rekomendasi untuk melakukan pengembangan dan perluasan lingkup kerja WGPSR agar tidak hanya melingkupi sektor power, tapi juga merambah pada sektor energi secara umum dan melihat dampaknya terhadap lingkungan.

Pada 2007, barulah Institute for Essential Services Reform (IESR) dibentuk.

Visi Misi

Visi

Membangun dunia yang lebih baik, lebih berkelanjutan, berorientasi rendah karbon, dan mampu menyediakan energi yang bersih dan berkelanjutan untuk generasi mendatang

Misi

Mendorong percepatan transisi energi Indonesia menuju sistem energi yang adil, bersih, dan rendah karbon.

Dewan Pengarah

Muhamad Suhud | Ketua Dewan

Muhammad Suhud adalah ahli kebijakan energi bersih dan aksi mitigasi perubahan iklim. Selama lebih dari 17 tahun, Suhud telah bekerja di berbagai proyek energi di WWF Indonesia, UNDP Indonesia, USAID, dan sejumlah LSM internasional. Dan sejak tahun 2015 Suhud menjadi konsultan independen untuk kebijakan energi dan energi terbarukan.

Lutfiyah Hanim | Bendahara

Lutfiyah Hanim adalah ahli mengenai organisasi perdagangan internasional (WTO) dan kebijakan pertanian Indonesia. Saat ini bekerja untuk Third World Network (TWN). Sebelumnya Hanim adalah Koordinator Program Perdagangan di Institute for Global Justice (IGJ) dan pernah juga beraktivitas di KONPALINDO. Hanim juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi buletin Berita Bumi.

Fabby Tumiwa | Sekretaris

Fabby Tumiwa adalah ahli energi, kelistrikan dan perubahan iklim. Fabby terlibat aktif di berbagai gerakan sosial dan jaringan regional maupun internasioanl. Fabby pernah menjadi anggota International Committee member (IC) Climate Action Network International, International Committee NGO Forum on ADB, dan Koordinator Indonesia Climate Action Network (ICAN).

Arimbi Heroepoetri | Anggota

Arimbi Heroeputri adalah aktivis lingkungan, HAM, gender, perempuan dan masyarakat adat. Arimbi pernah menjadi salah satu Komisioner di Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (2007 – 2014) dan menjadi Direktur DebtWatch Indonesia, sebuah NGO yang aktif memberikan pelatihan tentang lembaga keuangan internasional dan globalisasi kepada berbagai kalangan. Arimbi adalah salah satu pendiri NGO Forum on ADB, sebuah  forum organisasi dan kelompok masyarakat yang tersebar di berbagai negara Asia, Eropa, dan Amerika yang mengawasi proyek-proyek dan memantau kebijakan Asia Development Bank (ADB).

As’ad Nugroho | Anggota

As’ad Nugroho adalah ahli di bidang Corporate Social Responsibility (CSR), bisnis berkelanjutan dan Good Corporate Governance (GCG). Saat ini aktif sebagai konsultan di berbagai perusahaan, baik BUMN maupun swasta nasional dan multi nasional. Pernah aktif di berbagai lembaga pengkajian kebijakan publik dan pengembangan usaha kecil di tingkat nasional. Dia juga menulis sejumlah buku tentang kebijakan publik dan filantropi di Indonesia.

Tubagus Haryo Karbyanto | Anggota

Tubagus Haryo Karbyanto adalah seorang pengacara publik untuk pengendalian tembakau dan isu-isu Hak Asasi Manusia. Saat ini Tubagus menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Umum Forum Warga Jakarta (FAKTA) dan anggota divisi Bidang Hukum dan Advokasi di Komisi Nasional Pengendalian Tembakau. Sebagai koordinator dari Solidaritas Advokat Publik untuk Pengendalian Tembakau (SAPTA). Tubagus adalah anggota Board LBH Pers. Tubagus banyak memberikan pandangan di media massa terkait dengan intervensi industri rokok dalam legislasi di Indonesia.

Staff

Fabby Tumiwa

Direktur Eksekutif

Kharina Dhewayani

Manajer Administrasi dan Keuangan

Erina Mursanti

Manajer Program, Ekonomi Hijau

Dr. Marlistya Citraningrum

Manajer Program, Akses Energi Berkelanjutan

JANNATA GIWANGKARA

Manajer Program, Transformasi Energi

Pamela Simamora

Koordinator Penelitian, Spesialis Energi Terbarukan & Sistem Ketenagalistrikan

Gandabhaskara Saputra

Koordinator Komunikasi

Agus Praditya Tampubolon

Peneliti, Spesialis Manajemen Energi & Sistem Ketenagalistrikan

Deon Arinaldo

Peneliti, Spesialis Data & Informasi Energi

Julius Christian

Peneliti, Spesialis Bahan Bakar Bersih

Melina Gabriella

Staf Program, Ekonomi Hijau dan Transformasi Energi

Hapsari Damayanti

Staf Program, Akses Energi Berkelanjutan

Daniel Kurniawan

Peneliti, Spesialis Teknologi & Material Fotovoltaik

Idoan Marciano

Peneliti, Spesialis Teknologi Energi & Kendaraan Listrik

Nisa Maria Ulfa

Staf Komunikasi, Spesialis Desain dan Media Digital

Saidah

Asisten Administrasi

Bibit

Asisten Logistik

Staff

Fabby Tumiwa

Executive Director

Kharina Dhewayani

Administrative and Finance Manager

Erina Mursanti

Program Manager - Green Economy

Dr. Marlistya Citraningrum

Program Manager - Sustainable Energy Access

JANNATA GIWANGKARA

Program Manager Energy Transformation

Pamela Simamora

Research Coordinator - Renewable Energy/Power System Specialist

Gandabhaskara Saputra

Communications Coordinator

Agus Praditya Tampubolon

Energy Management and Power System Specialist

Deon Arinaldo

Researcher/Energy Information Specialist

Julius Christian

Clean Fuel Specialist

Melina Gabriella

Program Officer

Hapsari Damayanti

Project Officer

Daniel Kurniawan

Research • Solar Photovoltaic and Material Technology Specialist

Idoan Marciano

Energy and Electric Vehicles Technology Specialist

Nisa Maria Ulfa

Communication Officer • Graphic and Digital Media Designer

Saidah

Administrative Assistant

Bibit

Logistic Support
IESR-Secondary-logo

Dengan mengirimkan formulir ini, Anda telah setuju untuk menerima komunikasi elektronik tentang berita, acara, dan informasi terkini dari IESR. Anda dapat mencabut persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini kapan saja dengan mengklik tautan berhenti berlangganan yang disertakan di email dari kami. 

Newsletter